Hutama Karya Siap Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Sentuh di Dua Ruas
Kepala BPJT, Danang Parikesit, mengatakan bahwa salah satu tantangan implementasi MLFF adalah ghost car atau kendaraan yang masuk jalan tol tanpa membayar tarif tol. Oleh karena itu, jadwal penerapan MLFF secara menyeluruh baru akan terjadi pada 2024.
Pada tahap pertama, sistem transaksi non tunai nirsentuh baru akan diterapkan pada satu lajur (SLFF) dan memakai palang. Tahap selanjutnya adalah penerapan SLFF tanpa palang.
Penerapan SLFF tanpa palang akan diperluas hingga akhirnya menjadi MLFF pada akhir 2023 atau awal 2024. Adapun, penerapan SLFF dengan palang akan diterapkan di 6 ruas pada Desember 2022.
Sebagian ruas yang akan menerapkan sistem SLFF adalah Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Bali Mandara, dan tiga ruas Tol Dalam Kota. Sementara itu, pengujian teknologi SLFF akan dilakukan uji coba internal pada pertengahan 2022.
"Prosesnya masih cukup lama. Kami masih memastikan secara teknologi bisa kami kuasai (dan) masyarakat sudah teredukasi," kata Danang.
Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), panjang jalan tol yang telah beroperasi di Indonesia sampai Februari 2022 mencapai 2.499,06 km. Panjang jalan tol tersebut terbagi dalam 67 ruas yang terbentang di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Bali.
Berikut rincian panjang jalan tol baru yang beroperasi di setiap era kepemimpinan presiden Indonesia: