JIS Diresmikan Hari Ini, 64.000 Tiket Ludes Terjual

Tia Dwitiani Komalasari
24 Juli 2022, 16:48
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).

PT JakLingko Indonesia selaku penyedia sistem pemesanan tiket Jakarta International Stadium (JIS) menyatakan sebanyak 64.000 tiket penonton ludes terjual pada peresmian (grand launching) stadion tersebut pada Minggu (24/7).  Selain peresmian, panitia juga menggelar pertandingan persahabatan antara  Persija Jakarta melawan tim asal Thailand, Chonburi FC, yang akan menjadi momen perdana penggunaan JIS.

"Jumlah pengunjung 64 ribu," ujar Sekretaris Perusahaan PT JakLingko Indonesia Kevin Haikal saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (24/7).

Stadion berkapasitas maksimal 82 ribu tempat duduk itu diresmikan dengan konsep 2P, yaitu pertunjukan dan pertandingan. Sederet artis papan atas ibu kota dijadwalkan manggung mulai pukul 16.00 WIB antara lain Dewa19 dan Virzha, Kotak Band serta Setia Band.

Sebanyak 600 personel Dinas Perhubungan DKI Jakarta disiagakan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di pada peresmian JIS.
"Rekayasa diberlakukan mulai pukul 14.00 hingga pelaksanaan peresmian JIS ini berakhir atau pukul 21.00. Rekayasa dilakukan di sekitar kawasan JIS, " kata Kepala Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara Harlem Simanjuntak.

Harlem menambahkan, terdapat tiga ruas jalan yang dilakukan rekayasa lalulintas, yaitu Jalan Sunter Permai Raya, Jalan Danau Sunter Barat dan Jalan RE Martadinata.

Untuk kendaraan dari arah Terminal Tanjung Priok tidak diperkenankan melintas ke Jalan Sunter Permai Raya dan diarahkan untuk lurus ke arah Ancol. Kemudian, di Jalan Sunter Permai Raya dilakukan penyekatan kendaraan mulai dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso hingga rel kereta api di Jalan RE Martadinata.

Di Jalan Danau Sunter Barat juga dilakukan penyekatan mulai di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara di Sunter hingga kawasan JIS di Papanggo, Tanjung Priok. Bagi pengunjung yang ingin datang ke kawasan JIS yang menggunakan kendaraan pribadi telah disiapkan sebanyak 14 kantong parkir di kawasan sekitar.

Nantinya pengunjung diantar-jemput menggunakan bus pengumpan (shuttle bus) yang disiapkan. "Titik-titik tersebut berada di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 (UTA '45), Hotel D'Arcici Sunter dan Ancol," kata Harlem.

Melansir dari situs tfcstadiums.com, JIS masuk dalam daftar 10 stadion dengan kapasitas terbesar di Asia saat ini. Berikut urutannya:

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...