Habiskan Rp2,9 T, Terminal Kijing Pelabuhan Terbesar di Kalimantan

Tia Dwitiani Komalasari
9 Agustus 2022, 12:06
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Selasa (9/8).
BKIP Kemenhub
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Selasa (9/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (9/8). Proyek pelabuhan ini menghabiskan dana sekitar Rp 2,9 triliun.

"Pelabuhan ini akan meperkuat daya saing produk unggulan yang dihasilkan Provinsi Kalimantan Barat. Karena di sini memiliki kekuatan besar. Ada palm oil, alumina, bauksit dan produk lainnya," ujar Jokowi.

Dia mengatakan, pelabuhan ini merupakan yang terbesar di Kalimantan. Terminal Kijing memiliki kapasitas 500 ribu Teus per tahun.

"Tadi saya tanya ke Direktur Pelindo habis berapa? (Menghabiskan dana) Rp 2,9 triliun. Jangan sampai investasi sebesar itu tidak bisa memperkuat daya saing dan memperbaiki konektivitas antar pulau, antar negara," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar jalan menuju pelabuhan tersebut dilebarkan. Dengan demikian, perjalanan kontainer maupun peti kemas bisa lancar dan bisa memperkuat daya saing logistik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Terminal Kijing merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang pembangunannya dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Pembangunan ini dilatarbelakangi oleh Pelabuhan Pontianak yang semakin terbatas dengan adanya pendangkalan dan lokasinya yang berada di tengah kota.

"Oleh karenanya Kijing diharapkan untuk menggantikan Pelabuhan Pontianak dan memberikan ruang bagi industri-industri untuk tumbuh di Kalimantan Barat," kata Budi Karya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...