Fokus Swasembada Pangan, Jokowi Bangun 61 Bendungan dan Sejuta Irigasi

Tia Dwitiani Komalasari
14 Agustus 2022, 13:14
Petani merontokan padi di Sindarasa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). Perum Bulog menargetkan untuk menyerap gabah setara beras dari petani sebanyak 330 ribu ton pada puncak musim panen pertama 2022 untuk menjamin pasokan cadangan beras da
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nz
Petani merontokan padi di Sindarasa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). Perum Bulog menargetkan untuk menyerap gabah setara beras dari petani sebanyak 330 ribu ton pada puncak musim panen pertama 2022 untuk menjamin pasokan cadangan beras dalam posisi aman, dengan harga acuan Gabah Kering Panen (GKP) sebesar Rp4.200 per kilogram.

Pemerintah Indonesia menerima penghargaan dari International Rice Research Instititute (IRRI) karena berhasil swasembada beras dan meningkatkan ketahanan pangan yang baik. Tercapainya tujuan swasembada beras tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah menggenjot infrastruktur pertanian.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa infrastruktur pertanian merupakan salah satu fokus kerja pemerintahannya. Sejak 2015, dirinya telah membangun 29 bendungan. Jumlah itu ditargetkan bertambah menjadi 38 bendungan pada tahun ini.

"Sampai 2024, ditargetkan 61 bendungan, 4.500 embung, dan 1,1 juta irigasi yang telah kita bangun," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara Jakarta Minggu (14/8).

Selain infrastruktur, Jokowi mengatakan, pemerintah juga melakukan berbagai upaya lainnya seperti pemanfaatn varietas unggul padi, intensifikasi lahan pertanian, dan ekstensifikasi lahan pertanian. Upaya tersebut mampu meningkatkan produksi padi Indonesia.

Selama tiga tahun berturut-turut, Indonesia mampu mempertahankan produksi beras sebesar 31,3 juta ton. Produksi tersebut dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri sehingga Indonesia tidak memerlukan impor beras.

"Peningkatan dan konsistensi inilah yang dilhat FAO, IRRI, karena jumlah itu adalah jumlah riil," ujar Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...