Wings Air Masih Layani Rute Penerbangan Balikpapan–Tanjung Selor

Tia Dwitiani Komalasari
22 Agustus 2022, 15:09
Seorang petugas bandara melintas di depan pesawat Wings Air di apron Bandara El Tari Kupang, NTT,Rabu (11/11/2020). Di tengah pandemi COVID-19 maskapai penerbangan Wings Air membuka dua rute baru di NTT yakni Kupang-Ruteng dan Kupang- Lembata setelah sela
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/hp.
Seorang petugas bandara melintas di depan pesawat Wings Air di apron Bandara El Tari Kupang, NTT,Rabu (11/11/2020). Di tengah pandemi COVID-19 maskapai penerbangan Wings Air membuka dua rute baru di NTT yakni Kupang-Ruteng dan Kupang- Lembata setelah selama tiga bulan terakhir tak ada maskapai penerbangan yang masuk ke dua daerah itu.

 Wings Air  anggota dari Lion Air Group menyatakan bahwa operasional dan layanan penerbangan dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN) tujuan Bandar Udara Tanjung Harapan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (TJS) masih tetap beroperasi setiap hari. Namun demikian, layanan operasional penerbangan disesuaikan dengan permintaan pasar atau tingkat keterisian penumpang.

"Tidak benar, Wings Air membatalkan seluruh layanan penerbangan pada rute dimaksud," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Katadata.co.id Minggu malam (21/8).

Dia mengatakan, rute Balikpapan-Bulungan beroperasi setiap hari sekali. Itu berarti ada tujuh penerbangan reguler berjadwal setiap pekannya.

Danang mengatakan, Wings Air senantiasa melakukan evaluasi pasar berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi. Hal itu bertujuan agar operasional penerbangan dijalankan secara tepar.

Penerbangan di rute tersebut dioperasikan dengan pesawat jenis ATR 72-500 dan ATR 72-600 (propeller/baling-baling) berkapasitas 72 kelas ekonomi. "Wings Air melayani penerbangan penumpang berjadwal dalam satu pulau untuk menghubungkan antarkota, antarkabupaten hingga setingkat kecamatan, termasuk di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," ujarnya.

Sebelumnya Wings Air sudah empat hari tidak melayani penerbangan di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, kalimantan Utara. Kepala Bandara Tanjung Harapan, Sofyan Palanro, mengatakan bahwa dirinya belum bisa memastikan kapan Wings Air kembali beroperasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...