2,17 Juta Data Penerima Bansos BBM Masih Dalam Proses Verifikasi

Nadya Zahira
8 September 2022, 17:39
Petugas PT Pos Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM tahap pertama kepada warga di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Petugas PT Pos Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM tahap pertama kepada warga di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Kementerian Sosial mulai menyalurkan bantuan sosial bahan bakar minyak (Bansos BBM) dalam bentuk bantuan langsung tunai sebesar Rp 600.000 kepada 18,4 juta penerima. Total penerima bansos BBM tersebut sebanyak 20,65 juta penerima. 

"Saat ini dari rencana Rp20,65 juta penerima manfaat itu, sudah siap disalurkan oleh PT Pos sebanyak 18.486.756, yang menyalurkan langsung kepada masyarakat tanggal 2 September dan sisanya sedang proses proses cleansing atau pembersihan data," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Hari Hikmat, di Jakarta, Kamis (8/9).

Advertisement

Hari juga mengatakan, bahwa pihaknya akan berupaya untuk memastikan penyaluran Subsidi BBM sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah disiapkan. “Kita telah memastikan bahwa program ini berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur maupun dari sisi akuntabilitas yang sudah kita siapkan secara matang dan sejak lama” ujarnya.

 Dia mengatakan, subsidi BBM ini sifatanya merupaan tambahan. Di samping itu, pemerintah juga tetap akan menyalurkan bantuan lainnya seperti Program Keluarga Harapan.

“BLT BBM bukan satu-satunya bantuan yang akan turun, namun sekaligus juga pihak kami akan memberikan bantuan kartu sembako atau dulu dikenal dengan bantuan pangan non tunai yang akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, masing-masing Rp200.000.” ujar Hari Hikmat. 

Sementara itu Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker menargetkan bantuan subsidi upah atau BSU akan mulai disalurkan pada besok, Jumat (9/9) atau selambatnya pada Senin (11/9). Pada tahap pertama, penyaluran BSU akan disalurkan bagi pemilik rekening pada PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement