Investor Denmark Jajaki Peluang Investasi di Pelabuhan Patimban

Tia Dwitiani Komalasari
16 September 2022, 12:16
Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat (16/9).
BKIP Kemenhub
Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat (16/9).

Pemerintah Indonesia menawarkan pelaku usaha asal Denmark untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengajak Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, bersama jajaran perusahaan shipping line asal Denmark Maersk Line, untuk melihat langsung aktivitas yang ada di Pelabuhan Patimban.

“Kami tawarkan Maersk Line dan beberapa investor dari sejumlah negara, untuk bekerja sama dengan PT. Pelabuhan Patimban International (PPI) yang telah ditunjuk sebagai satu entitas swasta untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban. Kita ingin pelabuhan ini berkembang dengan pesat,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9).

Advertisement

Budi mengatakan, kerja sama dengan Maersk Line sangat potensial, karena perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Maersk Line memiliki potensi pengangkutan dari Asia menuju ke Eropa, Amerika Serikat, maupun Timur Tengah.

Pertumbuhan Pelabuhan Patimban pesat

Budi meyakinkan kepada calon investor bahwa kinerja Patimban hingga saat ini cukup menggembirakan setelah dioperasikan tahun ini.  Hal itu menunjukkan Pelabuhan Patimban sangat potensial.

“Tadinya ditargetkan dapat mengangkut 160.000 unit kendaraan, tetapi saat ini sudah mengangkut 200.000 unit kendaraan,” ucapnya.

Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen menyambut baik tawaran Pemerintah Indonesia dan terkesan dengan kinerja dari Pelabuhan Patimban. Menurut dia, Indonesia memiliki potens pertumbuhan transportasi laut yang sangat kuat kedepannya terutama di wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement