Banyak Bandara Baru Mati Suri, Jokowi Masih Akan Bangun 10 Lagi

Tia Dwitiani Komalasari
16 September 2022, 13:19
Warga menyaksikan pendaratan pesawat King Air 200GT saat pendaratan perdana di Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (11/1/2020).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Warga menyaksikan pendaratan pesawat King Air 200GT saat pendaratan perdana di Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (11/1/2020).

Sejumlah bandara baru yang dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terpantau sepi penumpang sehingga tidak beroperasi. Namun demikian, pemerintah masih akan membangun 10 bandara baru lagi hingga 2024.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Nur Isnin Istiartono, mengatakan sebelumnya pemerintah menargetkan untuk membangun 16 bandara baru pada 2023. Namun demikian, target pembangunan tersebut dikoreksi menjadi hanya 10 lokasi.

"Pembangunan bandara dikoreksi karena alokasi dana yang terbatas. Bandara tersebut ditargetkan dapat diresmikan Bapak Presiden sebelum 2024," ujarnya dalam Youtube Komisi V DPR RI yang dikutip Jumat (16/9).

Adapun 10 bandara baru yang akan dibangun tersebut adalah:

1. Bandara Siau, Sulawesi Utara
2. Bandara Tambelan, Bintan, Kepulauan Riau
3. Bandara Nabire Baru, Papua
4. Bandara Baru Siboru, Fakfak, Papua
5. Bandara Mentawai, Sumatera Barat
6. Bandara Mandailing Natal, Sumatera Utara
7. Bandara Pohuwato, Gorontalo
8. Bandara Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara
9. Bandara Banggai Laut Sulawesi Tengah
10. Bandara Singkawang Kalimantan Barat.

 Selain pembangunan bandara baru, Kemenhub juga akan merehabilitasi dan mengembangkan 156 bandara yang telah ada.

"Kami juga mengembangkan bandara di daerah terisolir, perbatasan dan rawan bencana pada 28 bandara. Serta memulai pembangunan bandara perairan atau waterbased airport untuk mendukung destinasi destinasi wisata," ujarnya.

Bandara baru mati suri

Pemerintahan Joko Widodo memang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di masa kepemimpinannya, termasuk bandara baru. Namun demikian, sejumlah bandara baru tersebut kini mati suri karena sepi penumpang dan tidak beroperasi.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, setidaknya ada empat bandara yang sepi penumpang dan tidak beroperasi yaitu JB Soedirman, Purbalingga; Bandara Ngloram, Blora; Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya; sertaBandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...