Sempat Mati Suri, Bandara Kertajati Beroperasi Lagi Akhir 2022

Tia Dwitiani Komalasari
16 September 2022, 13:54
Suasana bandara Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020).
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Suasana bandara Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020).

Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati tengah bersiap untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang. Kementrian Perhubungan tengah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.

“Insha Allah untuk pertama ada 4 (empat) penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi 8 (delapan) penerbangan. Paling tidak ada 2 (dua) penerbangan untuk umroh,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat meninjau Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (16/9).

Dalam tinjauannya, Menhub mengajak Dubes Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen untuk melihat langsung aktivitas di Bandara Kertajati. “Sekarang saya menunjukan kepada pak Dubes bahwa Bandara Kertajati juga bersiap untuk meningkatkan konektivitas udara,” ucap Budi.

Dia mengatakan, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Bali. Sebelumnya, bandara Kertajati sempat mati suri karena tidak melayani penerbangan. Garuda Indonesia dan Citilink menghentikan penerbangannya di bandara tersebut karena sepi penumpang pada 2019.

“Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insha Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai,” kata Menhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...