Bandara Ngurah Rai Bali Tambah Penerbangan Denpasar-Perth

Tia Dwitiani Komalasari
19 September 2022, 11:02
Penumpang pesawat udara tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (14/8/2022).
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.
Penumpang pesawat udara tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (14/8/2022).

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menambah rute internasional yaitu Denpasar-Perth-Denpasar. Rute yang menghubungkan Bali dengan salah satu wilayah di Australia tersebut akan dioperasikan dengan Batik Air.

"Australia kembali menjadi pilihan membuka rute baru dari maskapai Batik Air, yakni rute Perth-Denpasar yang terbang empat kali dalam seminggu yaitu Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di Kabupaten Badung, Bali, dikutip dari Antara, Senin (19/9).

Penerbangan perdana rute itu dilayani dengan menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8 yang mendarat di Bandara Bali dengan mengangkut sebanyak 135 orang penumpang dari Perth, Australia.

Wisatawan Australia mendominasi Bali

Handy mengungkapkan, penumpang asal Australia saat ini mendominasi penumpang internasional yang tiba di Bali. Hal itu terlihat dari data kedatangan WNA terbanyak periode Januari-Agustus 2022 ke Bali yang didominasi oleh penumpang Australia sebanyak 277.034 orang. Jumlah tersebut disusul penumpang dari India sebanyak 71.613 penumpang dan Britania Raya sebanyak 61.070 orang penumpang.

"Maka dari itu Batik Air tidak salah membuka penerbangan perdananya dari Perth-Australia. Kami mengucapkan selamat untuk Batik Air atas dibukanya penerbangan perdana ini dan kami siap bersinergi bersama Batik Air," katanya.

Berdasarkan capaian 1-15 September 2022, jumlah penumpang internasional juga lebih banyak jika dibandingkan dengan penumpang domestik. Jumlah penumpang international mencapai total 305.447 orang, sementara penumpang domestik sebanyak 302.974 penumpang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...