Mengandung Tebu, Bahan Bakar Bioetanol 10% Akan Diluncurkan pada 2025

Andi M. Arief
21 September 2022, 16:13
Buruh angkut menaikkan tebu ke atas truk di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (10/8/2022).
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/foc.
Buruh angkut menaikkan tebu ke atas truk di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (10/8/2022).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN mengatakan pemerintah akan meluncurkan bahan bakar dengan kandungan ethanol 10% secepatnya pada 2025. Bahan bakar tersebut lebih dikenal dengan Bioetanol 10 atau E10.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan pengembangan Bietanol akan dilakukan secara bertahap. Pengembangan tahap pertama adalah E5, lalu dilanjutkan E10 hingga E20.

"Komersialisasi E10 kami harapkan dalam waktu 3-5 tahun lagi. Memang mungkin harus bertahap, kita mulai dari E5 terlebih dahulu, kemudian menuju E10, dan mungkin bisa mencapai E20 nantinya," kata Pahala di Jakarta, Rabu (21/9).

Pahala mengatakan, kebijakan terkait komersialisasi Bioetanol telah diterbitkan sejak 2015. Namun demikian, minimnya kapasitas produksi ethanol di dalam negeri membuat implementasi Bioetanol tak kunjung diterapkan.

Sebagai informasi, bahan baku pembuatan Ethanol adalah molasses atau tetes tebu yang merupakan produk sampingan dari produksi gula. Saat memproduksi gula, cairan dari tebu akan diekstraksi dan dipanaskan hingga menjadi kristal. Molasses adalah cairan kental berwarna hitam dengan konsistensi seperti sirup yang tertinggal saat kristalisasi cairan tebu selesai.

Seperti diketahui, bioetanol bisa digunakan pada moda transportasi darat berbahan bakar gasoline atau bensin. Edi menambahkan, saat ini ada dua lembaga yang fokus pada pengembangan bioetanol, yakni Badan Usaha Bahan Bakar Minyak dan Badan Usaha Bahan Bakar Nabati.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...