Lion Air Buka Penerbangan Langsung dari Bandara Juanda ke Kuala Lumpur

Nadya Zahira
22 September 2022, 18:43
Sejumlah armada pesawat Lion Air Group terparkir di Apron Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Sejumlah armada pesawat Lion Air Group terparkir di Apron Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020).

Lion Air segera membuka jalur penerbangan internasional dari Bandara Juanda, Jawa Timur, ke Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 189 kelas ekonomi, dan Boeing 737-900ER dengan kapasitas 215 kelas ekonomi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan bahwa pembukaan rute ini sebagai salah satu bentuk kontribusi untuk percepatan pemulihan perekonomian kedua negara. "Dalam upaya membantu menggerakkan sektor perdagangan, pariwisata serta sektor yang lain," kata Danang dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9).

Advertisement

 Sebelumnya, Lion Air telah membuka rute ke penerbangan internasional dari bandara lain di Indonesia ke Kuala Lumpur. Rute ke Kuala Lumpur tersebut diantaranya dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang Banten (CGK), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) dan Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO).

Lion Air juga berharap dapat semakin mempermudah mobilitas para tamu secara langsung dari Indonesia ke Malaysia dengan tujuan pulang pergi (PP). "Selain itu, juga dapat mendukung pengembangan potensi daerah dan negara untuk konektivitas pebisnis, pelancong dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia," kata Danang.

Lion Air maskapai penerbangan terbesar se-Asia Tenggara

Data Official Airline Guide atau OAG menyatakan bahwa Lion Air Indonesia memiliki jumlah kursi tertinggi di Asia Tenggara pada September 2022 yaitu mencapai 3,78 juta kursi. Sementara grup Lion Air lainnya Batik Air mencapai 1,53 juta kursi, dan Citilink 1,05 juta kursi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement