Raker Tertutup dengan DPR, BIN Siapkan Keamanan Siber Jelang Pemilu

Ade Rosman
26 September 2022, 20:09
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021).

Komisi I DPR RI mengadakan rapat kerja (raker) dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Senin (26/9). Salah agenda rapat tersebut adalah anggaran keamanan siber Rp 3 triliun dan pengamanan jelang pemilu.

Budi mengatakan dalam raker tersebut pihaknya melaporkan perihal keamanan sistem, terutama untuk pengamanan pemilu 2024. "Melaporkan sistem keamanan siber, persiapan untuk pengamanan pemilu 2024," katanya singkat, kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senin (26/9).

Advertisement

Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin mengungkapkan raker tersebut menyinggung mengenai pengguna internet di indonesia yang terbilang masif. "Ada 247 juta pengguna internet di Indonesia per data Januari 2022,. Ini memang menjadikan pasar di Indonesia itu sangat seksi ya untuk kejahatan-kejahatan siber karena pasarnya juga sangat tinggi di ekonomi digital itu sekitar US$ 70 Miliar," katanya, Senin (26/9).

Nurul menambahkan, Budi juga memberi masukan serta saran terkait banyaknya jumlah pengguna internet yang tidak disiplin serta kurang berhati-hati, seperti misalnya dengan mudah memberikan data-data pribadi.

"Tidak disiplin dalam menggunakan IT, dan juga mudah memberikan data-data pribadi kita, misalnya untuk yang minta kartu keluarga, yang minta data pribadi yang spesifik itu lebih baik kalau bisa dicegah, jangan diberikan begitu ya," katanya.

Selain itu, ia menuturkan sebaiknya penggunaan komputer maksimal dipakai selama dua tahun. "Sebaiknya menggunakan komputer itu paling lama dua tahun gitu ya, karena biasanya data-data di dalam (komputer) itu bisa disedot," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement