Pencarian Kata Healing Naik 500% di Google, Ini 7 Destinasi Terpopuler

Nadya Zahira
26 September 2022, 21:30
Pemandangan Danau Toba dari kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin (22/2/2021).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Pemandangan Danau Toba dari kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin (22/2/2021).

Google Destination Insights mendata penelusuran topik travel yang mengandung kata “healing” melonjak lebih dari 500% pada tahun ini dibandingkan periode sebelumnya. Topik tersebut diikuti dengan penelusuran desa wisata yang naik 68% pada periode 2021 sampai 2022.

Travel Industry Analyst Google Indonesia, Vania Anindiar, mengatakan bahwa makna bepergian kini jadi lebih dalam dari sebelumnya. "Tak lagi sekadar menjadi aktivitas untuk melihat tempat-tempat baru. Ini adalah bentuk perawatan diri, momen menenangkan untuk melakukan refleksi diri, dan menjadi ‘me time’ yang sangat berharga," ujarnya saat konferensi pers secara daring, Senin (26/9).

Berdasarkan Google Destination Insights,  minat pengguna di Indonesia terhadap perjalanan ke luar negeri dan tujuan domestik tahun ini naik 17% bila dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019. Minat penelusuran untuk kategori "Akomodasi" juga mendorong pertumbuhan tersebut dengan kenaikan 21%, dan minat untuk Perjalanan Udara naik 11% pada periode yang sama.  

Sementara tingginya penelusuran desaw wisata menunjukkan semakin meningkatnya antusiasme wisatawan terhadap destinasi wisata alternatif yang belum banyak dikunjungi.  “Dengan tingginya antusiasme wisatawan domestik terhadap kota-kota kecil di Indonesia, hotel-hotel perlu belajar untuk menggaet para wisatawan yang sudah semakin nyaman mencari informasi di dunia online,” ujar Vania.

 Tujuh destinasi terpopuler berdasarkan Google Trends adalah:

 1. Penelusuran terkait “Kintamani” naik 64%

2. Penelusuran terkait “Lombok” naik 34%

3. Penelusuran terkait “Singkawang” naik 33%

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...