Berapa Nilai Harta Karun yang Ditemukan pada Proyek MRT?

Tia Dwitiani Komalasari
28 September 2022, 06:30
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menemukan sejumlah cagar budaya pada saat pembangunan MRT fase 2 yang menghubungkan antara Stasiun Bundaran HI. Harta karun tersebut terpendam sejak awal abad 20 atau berusia sekitar 100 tahun.

Ketika dikonfirmasi mengenai nilai dari penemuan harta karun tersebut, Arkeolog Junus Satrio Atmodjo mengatakan bahwa dia tidak bisa secara gamblang menyebutkan nilai dari penemuan tersebut berdasarkan angka rupiah.

Advertisement

"Kalau ditanya nilainya, itu kan sifatnya subjektif. Jadi setiap orang akan berbeda-beda dalam mengapresiasi atas objek tersebut," ujarnya.

Namun dia menegaskan bahwa penemuan cagar budaya pada abad ke-21 menjadi sejarah yang penting untuk diingat masyarakat. Pada abad 18 hingga 21, perubahan sosial dan teknologi terbilang sangat lambat. Namun hal itu menarik untuk dipelajari.

Satrio mencontohkan saluran air kuno yang bahan bangunannya didatangkan khusus dari Belanda. Berdasarkan teknologi yang digunakan pada saluran tersebut dapat terlihat bahwa VOC merencanakan pembangunan infrastrujtur tersebut dengan baik.

"Saluran dibuat seperti teknologi masa kini dengan susunan yang rapih dan direncanakan akan berujung pada kolam besar. Jadi orang-orang VOC dahulu bisa dibilang sangat canggih bisa menciptakan saluran air seperti itum+," ujarnya.

Junus mengatakan, arkaeolog terus melakukan penelitian mengenai penemuan cagar budaya dalam proyek MRT tersebut. Sejumlah penemuan tersebut rencananya akan dilestarikan dalam museum yang akan didirikan di dalam Stasiun MRT Kota.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement