Habiskan Rp 1,08 Triliun, Ini Penampakan TMII yang Sedang Direnovasi

Nadya Zahira
28 September 2022, 18:02
Rombongan Kementerian PUPR melewati Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Rabu (28/9).
Humas Kementerian PUPR
Rombongan Kementerian PUPR melewati Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Rabu (28/9).

Pemerintah melalui Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan renovasi di Taman Mini Indonesia Indah. Renovasi yang menghabiskan dana Rp 1,08 triliun ini merupakan bagian dari persiapan Presidensi Indonesia dalam menyelenggarakan G20 termasuk acara puncak KTT G20 di Bali.

 Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, mengatakan bahwa renovasi bertujuan untuk mengembalikan konsep awal master plan TMII degan memperbanyak penghijauan dan pengurangan bangunan pada anjungan-anjungan. Dengan demikian, proporsi penghijauan sebesar 70% dan pembangunan hanya sebesar 30%.

 “Jadi nanti kita akan hilangkan bangunan-bangunan, dan fokus untuk penghijauan,” ujar Diana di Taman Mini Indonesia Indah, pada Rabu (28/09).

 Tidak hanya itu, renovasi TMII juga dilakukan pada area museum yang meliputi Museum Keong Mas, Theater Garuda, dan Museum Telkom. Kementerian PUPR juga membangun fasilitas viewing tower, Kaca Benggala, dan pembangunan community center.

TMII
TMII (Humas Kementerian PUPR)

Kementerian PUPR juga menata archipelago yang menjadi ciri khas TMII. Selain penataan, Kementerian PUPR juga melengkapi pulau yang sebelumnya tidak tercantum seperti Pulau Miangas. Kementerian PUPR bahkan memberikan tanda pada Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Pekerjaan renovasi TMII tersebut sudah dimulai sejak Januari 2022, dengan konsep lingkup kerja yang terbagi dalam tiga zona yakni, zona 1 dengan tema "Indonesia Klasik (Elegant dan Geometri)". Pekerjaan tersebut meliputi penataan koridor utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Pekerjaan di zona 2 dengan tema "Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur" meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphitheater, dan promenade keliling Danau Archipelago.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...