Renovasi Rampung, TMII Kembali Dibuka 6 Oktober untuk Acara G20

Nadya Zahira
28 September 2022, 19:46
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (12/7/2022).
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta hampir rampung dan akan dibuka kembali 6 Oktober 2022. Namun demikian, masyarakat umum belum bisa mengunjungi TMII tersebut.

Pasalnya, TMII akan digunakan terlebih dahulu untuk gelaran Meeting G20 Parliamentary Speaker’s Summit (P20) pada Oktober mendatang. “Oktober tanggal 6 nanti akan kita lakukan pembukaan untuk acara G20, karena memang nanti akan ada kepala negara (G20) beserta perwakilannya yang hadir,” ujar  Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan, Achmad Gani Ghazaly Akman saat meninjau renovasi TMII Jakarta, pada Rabu (28/9)

Renovasi TMII telah dilakukan sejak Januari 2022 oleh pemerintah melalui Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara itu, untuk luas area pekerjaan meliputi penataan banguna seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare.

Pekerjaan renovasi TMII tersebut dilaksanakan dalam tiga zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun. Gani menjelaskan, porsi anggaran Rp 1,08 triliun paling besar digunakan untuk renovasi bangunan-bbangunan TMII.

 “Inikan banyak gedungnya, ada Keong Mas, ada bangunan sasano saja yang terbagi menjadi tiga lokasi. Kemudian ada juga tempat pergelaran budaya, gedung parkir, termasuk penataan taman,” ujar Gani.

Tarif Tiket Masuk TMII

Menurut Gani, pembukaan TMII untuk masyarakat umum kemungkinan pada akhir Oktober atau November. Pengelola rencananya akan memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung yang akan masuk setiap harinya. Namun dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah pengunjung yang akan dibatasi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...