Renovasi Rampung, TMII Kembali Dibuka 6 Oktober untuk Acara G20

Masyarakat umum baru bisa mengunjungi TMII kembali setelah acara G20 selesai.
Nadya Zahira
28 September 2022, 19:46
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (12/7/2022).
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta hampir rampung dan akan dibuka kembali 6 Oktober 2022. Namun demikian, masyarakat umum belum bisa mengunjungi TMII tersebut.

Pasalnya, TMII akan digunakan terlebih dahulu untuk gelaran Meeting G20 Parliamentary Speaker’s Summit (P20) pada Oktober mendatang. “Oktober tanggal 6 nanti akan kita lakukan pembukaan untuk acara G20, karena memang nanti akan ada kepala negara (G20) beserta perwakilannya yang hadir,” ujar  Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan, Achmad Gani Ghazaly Akman saat meninjau renovasi TMII Jakarta, pada Rabu (28/9)

Renovasi TMII telah dilakukan sejak Januari 2022 oleh pemerintah melalui Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara itu, untuk luas area pekerjaan meliputi penataan banguna seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare.

Pekerjaan renovasi TMII tersebut dilaksanakan dalam tiga zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun. Gani menjelaskan, porsi anggaran Rp 1,08 triliun paling besar digunakan untuk renovasi bangunan-bbangunan TMII.

 “Inikan banyak gedungnya, ada Keong Mas, ada bangunan sasano saja yang terbagi menjadi tiga lokasi. Kemudian ada juga tempat pergelaran budaya, gedung parkir, termasuk penataan taman,” ujar Gani.

Tarif Tiket Masuk TMII

Menurut Gani, pembukaan TMII untuk masyarakat umum kemungkinan pada akhir Oktober atau November. Pengelola rencananya akan memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung yang akan masuk setiap harinya. Namun dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah pengunjung yang akan dibatasi.

 “Untuk berapa jumlahnya kita belum mengetahui, mungkin sekitar seribu atau dua ribu, tiket masuk yang dibeli melalui online juga mungkin akan ada pembatasan jumlah,” ujarnya.

Gani menambahkan, tarif tiket masuk belum ditentukan.  "Tiket masuk belum dihitung, tapi kelihatannya karena menggunakan APBN tetap sama saja, tidak mahal," ujarnya.

 Berdasarkan catatan Katadata.co.id, harga tiket masuk TMII sebelumnya bervariasi tergantung setiap wahana. Namu  harganya dinilai cukup terjangkau.

Museum Olahraga Nasional merupakan museum dengan harga tiket masuk termurah, yaitu hanya sebesar Rp 2.000. Sementara, harga tiket Pusat Peragaan IPTEK yang termahal sebesar Rp 27.500. Adapun, Museum Penerangan tidak dikenakan harga tiket masuk alias bebas biaya.

Selain museum, TMII juga memiliki fasilitas dan wahana lain seperti taman burung, dunia air tawar, Taman Legenda Keong Mas, SnowBay Water Park, dan sebagainya.

Grafik:

Reporter: Nadya Zahira

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait