Program Kompor Listrik Batal, Ujicoba di Solo dan Bali Dihentikan

Muhamad Fajar Riyandanu
28 September 2022, 21:48
Kompor induksi
PLN

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury mengatakan uji coba program pengalihan kompor elipiji 3 kilogram (kg) menuju kompor induksi di Kota Solo dan Kabupaten Badung, Bali telah dihentikan. Hal itu menyusul adanya pembatalan program konversi kompor induksi.

"Kelihatannya kami memang belum ada rencana untuk melanjutkan penggunaan dari kompor induksi tadi," kata Pahala saat ditemui wartawan di Mall Sarinah pada Rabu (28/9).

Pahala enggan menjawab  saat ditanya soal nasib kompor listrik yang telah dibagikan kepada sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dia hanya mengatakan segala keputusan teknis berada di bawah PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN.

"Itu mungkin ditanyakan ke pihak PLN ya," sambungnya.

Dia pun mengaku pemerintah belum memutuskan untuk melanjutkan program pengalihan kompor elpiji menjadi kompor induksi. "Belum tahu, nanti kami rapatkan lebih dahulu," ujar Pahala.

Sebelumnya diberitakan, PLN membatalkan program pengalihan kompor elpiji 3 kg menjadi kompor listrik. Langkah ini dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. PLN telah melaksanakan program uji coba kepada 1.000 KPM di Solo dan 1.000 KPM di Denpasar.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...