Atasi Banjir Jakarta, Bendungan Ciawi dan Sukamahi Rampung Akhir 2022

Nadya Zahira
29 September 2022, 22:38
Aktivitas pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/5/2021).
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Aktivitas pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/5/2021).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) menargetkan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang terletak di Bogor, Jawa Barat, dapat selesai pada akhir 2022. Kedua bendungan ini merupakan bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir (flood control) dari hulu hingga hilir untuk mengurangi kerentanan bencana banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

 “Mengenai proses Bendungan Ciawi dan Sukamahi, maka dari itu saya minta doanya, InsyaAllah kurang lebih akan rampung pada akhir Oktober atau awal November,” ujar Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR, Jarot Widyoko dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (29/09).

Advertisement

 Kementerian PUPR terus melakukan upaya untuk penyelesaian konstruksi dari kedua bendungan tersebut. Jarot berharap, Bendungan Ciawi dan Sukamahi dapat meminimalisasi banjir, terutama di wilayah Jakarta. 

 Jarot mengatakan, kedua bendungan ini memang seharusnya rampung pada Agustus 2022. Namun karena terdapat beberapa kendala sehingga mengakibatkan  pembangunan menjadi tertunda sampai saat ini.

 “Kendalanya itu karena cuaca, jadi disana udaranya dingin, kalau pagi berembun dan mempengaruhi dari pada tanahnya, kalau dipadatkan juga tidak boleh, karena masih basah, sedangkan sore hujan terus,” ujar Jarot.

Jarot juga mengatakan, dengan adanya kendala tersebut, PUPR melalui Ditjen SDA melakukan upaya untuk terus memonitor tekanan air porinya, sehingga tidak melebihi dari beban yang ada.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement