Narasi Laporkan Ancaman dan Peretasan Website ke Mabes Polri

Ade Rosman
30 September 2022, 20:27
Personel kepolisian bersenjata berjaga di depan Gedung Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/4/2021).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Personel kepolisian bersenjata berjaga di depan Gedung Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Tim Hukum Narasi, LBH Pers Ade Wahyudin, serta Ketua Umum AJI Sasmito Madrim melaporkan upaya peretasan website Narasi ke Mabes Polri, Jumat (30/9). Selain peretasan website, Narasi juga melaporkan ancaman berupa pesan  'diam atau mati' yang masuk ke dalam website Narasi.

"Jadi kita hari ini melakukan pelaporan dengan adanya dugaan peretasan terhadap website teman-teman Narasi. Tapi hari ini kita mewakili secara PT, secara perusahaan persnya yang memang website-nya diretas, jadi kita sudah dapat tanda terima laporannya," kata Ade, kepada wartawan, Jumat (30/9). 

Ade mengatakan, peretasan dan ancaman melalui website menyebabkan kegiatan jurnalistik Narasi menjadi terhambat. "Ada kegiatan jurnalistik yang terhambat dan itu mengganggu khususnya informasi pada publik dalam penyebaran informasi-informasi jurnalistik," jelasnya. 

Sementara untuk peretasan yang terjadi pada 30 awak redaksi Narasi masih belum dilaporkan. Pasalnya, mereka masih melakukan pendokumentasian serta pengkajian lebih lanjut.

Sejak  Rabu (28/9) lalu, puluhan kru Narasi mengalami peretasan atau serangan siber yang meliputi akun Insgagram, Facebook, Telegram, serta WhatsApp.

Percobaan peretasan website Narasi ini menambah catatan upaya serupa pada jurnalis atau media beberapa tahun kebelakang, di antaranya, peretasan akun media sosial Ketua AJI (Februari 2022), Serangan DDoS Project Multatuli (2021), Peretasan situs Tempo.co (2020), Peretasan CMS Tirto.id (2020), serta Serangan DDos Magdalene.co dan Konde.co (2020).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...