Bandara Purbalingga Beroperasi Kembali, 6 Pemda Jamin Okupansi Pesawat

Enam kepala daerah di Jawa Tengah telah menyatakan komitmennya untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat di Bandara Soedirman melalui blocking seat.
Tia Dwitiani Komalasari
1 Oktober 2022, 15:26
Pesawat ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink melakukan penerbangan komersil perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021).
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Pesawat ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink melakukan penerbangan komersil perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021).

Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, siap melayani kembali penerbangan komersial. Enam kepala daerah di Jawa Tengah bagian barat dan selatan telah menyatakan komitmennya untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat melalui blocking seat.

Enam kepala daerah tersebut adalah Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para kepala daerah yang kompak akan mengupayakan block seat. Ini artinya ada jaminan tingkat keterisian penumpang pesawat dan memberikan kepastian adanya penerbangan di bandara ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat dengan enam kepala daerah di Jawa Tengah bagian barat dan selatan, di Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jumat (30/9).

Apa yang dimaksud block seat?

Melalui skema block seat, enam kepala daerah tersebut akan menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat di Bandara Soerdiman. Artinya, pemda akan membeli kursi pesawat jika penumpang yang dilayani oleh bandara tersebut masih sepi.

Advertisement

Strategi ini dinilai bisa membuat operasional bandara bergerak kembali. Pasalnya sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Juni 2021, bandara ini mati suri karena sepi penumpang.

Maskapai penerbangan yang telah beroperasi pun terpaksa minggat karena mengalami kerugian. Padahal bandara ini dibangun dengan biaya besar senilai Rp 350 miliar.

Pada 5 agustus 2022, Wings Air sempat menggunakan bandara ini untuk penerbangan dari Bandara Pondok Cabe. Namun rute penerbangan itu kembali ditutup karena sepi penumpang pada 19 Agustus 2022.

Grafik:

Budi mengatakan, Kemenhub akan memfasilitas pembahasan skema pembelian kursi ini antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing. Menurut dia, upaya memberikan jaminan block seat ini dilakukan sebagai upaya awal agar penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman dapat segera beroperasi kembali

“Kita harapkan block seat ini tidak berlangsung lama dan setelah itu menjadi penerbangan yang biasa,” tuturnya.

 

Jadwal penerbangan bandara Soedirman

Semua pihak yang telah berkomitmen sepakat untuk menyelenggarakan tiga penerbangan dalam satu pekan sebagai permulaan mulai Oktober 2022. Budi optimistis penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman sangat potensial dan telah dinanti oleh masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang mewakili enam kepala daerah di Jawa Tengah mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh mendukung upaya pembukaan kembali penerbangan di Bandara JB Soedirman melalui jaminan block seat.

“Dengan dukungan para kepala daerah, akan terbentuk captive market yang baik dan kita harapkan kunjungan ke bandara ini semakin meningkat,” ujarnya.

Dengan mulai meredanya pandemi Covid-19 dan dibukanya kembali Bandara Halim yang telah direvitalisasi, diharapkan pelayanan penerbangan dari dan ke bandara kecil di pulau Jawa seperti di Bandara JB Soedirman Purbalingga dapat segera kembali dibuka.

Pertemuan di Bandara JB Soedirman turut dihadiri sejumlah pihak yakni Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, Bupati Banyumas Achmad Husein, Pj Sekda Pemalang Moh. Sidik, Kepala Dinas Perhubungan Banjarnegara Muhammad Iqbal, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kebumen Slamet Mustolkhah, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Wonosobo Agus Susanto, Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaludin, Dirut Citilink Dewa Kadek Rai, dan Dirut Wings Air Capt. Fitzgerald. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait