35 Pabrik Otomotif RI Siap Produksi Motor Listrik, Target 2 Juta Unit

Nadya Zahira
4 Oktober 2022, 19:41
Pekerja memasang baterai saat mengonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik di Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/9/2022).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Pekerja memasang baterai saat mengonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik di Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/9/2022).

Kementerian Perindustrian menargetkan kapasitas produksi dua juta unit motor listrik pada 2023. Saat ini,  sudah ada 35 pabrikan otomotif Indonesia yang siap memproduksi sepeda motor listrik.

“Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara Focus Group Discussion (FGD) B20 Side Event - Ready to eMove di Jakarta, Selasa (4/10).

Dia mengatakan, kapasitas produksi motor listrik di Indonesia saat ini baru mencapai satu juta unit per tahun. Kapasitas tersebut ditargetkan meningkat hingga dua juta unit sampai tahun depan.

Motor listrik untuk kendaraan dinas

Agus mengatakan, Kemenperin telah mengeuarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). Dalam aturan tersebut, setiap kendaraan listrik yang bisa menjadi mobil dinas diwajibkan untuk memenuhi  Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Dengan demikian, kendaraan listrik yang telah memenuhi batasan minimal TKDN sesuai Perpres 55 Tahun 2019 dapat mengisi permintaan kendaraan dinas dan operasional pemerintah sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2022,” ujar Agus.

Agus juga mengungkapkan bahwa dalam upaya mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di tanah air, Kemenperin tengah mempersiapkan satu standar baterai yang sama, sehingga penggunaan charging station dan swap battery akan bisa lebih mudah. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...