Kucurkan Rp 3 T, Kementerian PUPR Percepat Infrastruktur KIT Batang

Tia Dwitiani Komalasari
11 Oktober 2022, 14:52
Foto udara rusunawa pekerja industri Batang di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (23/8/2022).
ANTARA FOTO/ Harviyan Perdana Putra/rwa.
Foto udara rusunawa pekerja industri Batang di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (23/8/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Pembangunan infrastruktur tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  sebesar Rp 3,1 triliun.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, mengatakan bahwa Kementerian PUPR mendukung pengembangan KIT Batang dengan membangun sejumlah infrastruktur dasar.

"Pembangunannya sendiri dilaksanakan sejak tahun 2021 dengan total anggaran sebesar Rp 3,1 triliun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ," kata Iwan.

Pembangunan infrastruktur dasar KIT Batang tersebut meliputi:

1. Sumber Daya Air

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan pembangunan Drainase Utama KIT Batang (2021) dengan biaya Rp 46,1 Miliar yang saat ini telah selesai konstruksinya.

Selanjutnya, pembangunan Penyediaan Air Baku Sumber Sungai Urang yang terdiri dari dua paket yaitu Paket I adalah Bendung Urang dengan biaya Rp245 Miliar dan progres 97,7%. Sementara Paket II yaitu Reservoir atau Embung Barat dan Timur dengan biaya Rp159 miliar dengan progres 98,2%.

Kemneterian PUPR juga tengah menyusun Dokumen Pembangunan Bendungan Kedunglanggar yang progresnya telah mencapai 2,7%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...