4 Menteri Luncurkan Sail Tidore 2022, Undang Kapal Layar Luar Negeri

Nadya Zahira
11 Oktober 2022, 17:34
KRI Bima Suci
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Empat menteri Presiden Joko Widodo meresmikan Sail Tidore 2022  yang akan dilaksanakan mulai dari 24 hingga 29 November 2022. Acara tersebut ditargetkan mendapatngkan 50.000 wisatawan.

Sebanyak empat menteri tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatof Sandiaga Uno, serta  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Sail Tidore 2022 dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk melakukan re-branding wisata bahari sampai ke kancah internasional.

 "Kita harus optimis bahwa Sail Tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam negeri,” ujar Luhut secara virtual dalam acara Launching Sail Tidore 2022 di Auditorium Kementerian Perdagangan, Selasa (11/10).

 Luhut mengatakan bahwa industri pariwisata dalam negeri menghada[i tantangan sejak terjadinya wabah pandemi Covid-19. Namun, saat ini kondisi ekonomi kreatif Indonesia di berbagai titik destinasi wisata sudah tertata kembali dan berangsur pulih.

 Luhut menyebutkan, bahwa pariwisata bahari mampu memberikan keuntungan dan dampak yang cukup baik terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu contohnya terjadi pada tahun 2013 dimana pariwisata bahari berhasil menyumbang devisa sebesar 10% atau setara dengan 1 miliar US$.

“Momen tersebut menjadi keberhasilan di sektor pariwisata yang harus kita capai,” ujar Luhut. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement