Potensi Lahan Sorgum RI 24 Juta Ha, Bisa Subtitusi 60% Impor Gandum

Nadya Zahira
13 Oktober 2022, 14:39
Ilustrasi tanaman Sorgum
Sarangib/Pixabay
Ilustrasi tanaman Sorgum

Potensi lahan kering untuk pengembangan sorgum di Indonesia mencapai 23,99 juta hektar. Dengan jumlah luas lahan tersebut, Indonesia berpotensi untuk memproduksi sorgum yang bisa mensubstitusi impor gandum hingga 60%.

“Potensi sorgum untuk substitusi gandum ada 60%, kalau itu bisa disubstitusi maka kita bisa mengambil 60 juta ton untuk produksi biskuit dan kue kering," kata Ketua Dewan Pakar Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri Indonesia  atau MAI, Mohammad Jafar Hafsah, dalam acara Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Talk yang digelar secara virtual pada Kamis (13/10).

Dia mengatakan, impor biji gandum dan tepung terigu setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada 2020, impor gandum mencapai sebesar 10,96 juta ton.  Sementara pada Januari-Mei 2022, impor gandum dan meslin Indonesia mencapai 4,36 juta ton dengan nilai US$1,65 miliar.

Indonesia banyak mengimpor gandum karena sulit dibudidayakan di tanah air. Sementara gandum banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai bahan baku mie instan, roti, kue dan bahan makanan lainnya.  

Namun demikian, penggunaan gandum sebenarnya bisa digantikan oleh sorgum yang beroitensi dikembangkan di Indonesia. Dengan demikian, pemerintah tengah gencar mengembangkan sorgum sebagai bahan pangan untuk mensubstitusi komoditas gandum. Hal itu terutama setelah adanya perang Rusia-Ukraina yang mengurangi pasokan gandum secara global sehingga harganya melambung.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...