Tujuh Penemuan Tim Audit Stadion Kanjuruhan, Tidak Ada Pintu Darurat

Tia Dwitiani Komalasari
13 Oktober 2022, 17:13
Stadion Kanjuruhan
Humas Kementerian PUPR
Stadion Kanjuruhan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyampaikan 7 Rekomendasi hasil Tim Audit Stadion Kanjuruhan. Audit dilakukan tidak hanya untuk mencari tahu penyebab kecelakaan Kanjuruhan, namun juga mengantisipasi agar tidak ada kejadian serupa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meninjau Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10). Peninjauan ini merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo untuk melakukan evaluasi teknis bangunan gedung stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang dilakukan oleh Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG).

"Super prioritasnya dalam minggu ini kami harus selesaikan audit teknis Stadion Kanjuruhan. Insya Allah hari ini selesai audit oleh para pakar bangunan, struktur, arsitektur maupun MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing) yang tergabung dalam KKBG," kata Basuki.

Menurut Basuki, terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan. Tiga rekomendasi pertama berhubungan dengan terjadinya kecelakaan di Stadion Kanjuruhan. Sementara empat rekomendasi lainnya tidak berhubungan dengan tragedi kanjuruhan.

Tujuh rekomendasi tim audit Stadion Kanjuruhan tersebut adalah:

1. Tribun ekonomi tidak memiliki tangga langsung

Basuki mengatakan, hasil rekomendasi pertama yaitu mengenai tangga-tangga tribun. Hal itru terutama untuk tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton.

2. Tidak ada jarak pintu stadion dengan anak tangga

Basuki mengatakan bahwa pintu stadion tidak memiliki jarak dengan anak tangga. Selain itu,  dan elevasi tangganya juga terlalu curam.

3. Tidak ada pintu darurat.

Tim audit menemukan bahwa stasion tidak memiliki pintu darurat. "Yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun," kata Basuki.

4. Penerangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...