Selain Industri, Ekspor Sawit RI ke Eropa Digunakan untuk Biodiesel

Tia Dwitiani Komalasari
14 Oktober 2022, 09:39
Sejumlah truk pengangkut Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit milik PT.Karya Tanah Subur (KTS) Desa Padang Sikabu, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Selasa (17/5/2022).
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Sejumlah truk pengangkut Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit milik PT.Karya Tanah Subur (KTS) Desa Padang Sikabu, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Selasa (17/5/2022).

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI mencatat bahwa ekspor produk sawit Indonesia ke uni Eropa pada Agustus 2022 mencapai 506,8 ribu ton. Volume ekspor tersebut naik 51,7% dari bulan sebelumnya yang mencapai 334 ribu ton.

Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, mengatakan bahwa ekspor kelapa sawit di Uni Eropa tersebut digunakan untuk berbagai industri seperti pangan dan oleo chemical. Selain itu, produk kelapa sawit Indonesia di Uni Eropa tersebut juga digunakan untuk biodiesel.

"Saya tidak punya data detail mengenai angkanya, yang jelas ekspor produk sawit dipakai untuk biodiesel, dan berbagai keperluan industri pangan dan oleo chemical," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (13/10).

Dia mengatakan bahwa peningkatan ekspor produk sawit ke Uni Eropa menempati posisi ketiga setelah India dan Cina. Hal itu didorong oleh kebijakan pemerintah Indonesia yang menetapkan pungutan ekspor produk sawit nol persen hingga akhir tahun.

"Dengan pungutan ekspor nol persen, kita mengharapkan daya saing ekspor sawit kita semakin meningkat dan bisa lebih mendorong peningkatan ekspor," kata dia.

Tersendat larangan ekspor minyak sawit

Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, mengatakan bahwa perang Rusia dan Ukraina menyebabkan suplai minyak nabati khususnya minyak biji bunga matahari menjadi terganggu. Hal itu berdampak tidak langsung pada permintaan minyak kelapa sawit Indonesia.

Dia mengatakan, sebagian manufaktur Uni Eropa kembali menggunakan minyak kelapa sawit saat kesulitan mendapatkan pasokan minyak bunga biji matahari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...