Kemenhub Ajak Investor Korea Selatan Bangun MRT Fatmawati-TMII

Tia Dwitiani Komalasari
19 Oktober 2022, 07:27
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP201 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (20/9/2022). PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan progres pembangunan fisik dari jalur MRT Jakarta fase CP201 per tanggal 15 Sep
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP201 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (20/9/2022). PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan progres pembangunan fisik dari jalur MRT Jakarta fase CP201 per tanggal 15 September 2022 mencapai 43,01 persen.

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengajak Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam membangun jaringan MRT Jakarta Fase 4. Selain MRT, Kemenhub juga menawarkan proyek pengembangan LRT Jakarta serta pengembangan LRT Bali.

"Kami sangat berharap Korea Selatan dapat berpartisipasi dalam pengembangan MRT Jakarta Fase 4 dan mengulang kerjasama baik yang pernah terjalin sebelumnya pada pengembangan LRT Jakarta fase pertama," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa (18/10).

Advertisement

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, menyampaikan bahwa MRT Jakarta Fase 4 akan dibangun dengan koridor timur-barat. Proyek ini direncanakan akan diintegrasikan dengan koridor utara-selatan yang sudah lebih dulu dibangun.

MRT Fatmawati-TMII

Risal mengatakan, ada setidaknya tiga usulan trase yang dikaji pada kajian awal MRT Jakarta Fase 4. Opsi I yaitu dari Bandara Soekarno-Hatta sampai dengan Jakarta International Stadium.

Sementara opsi II dari Pondok Gede sampai dengan Joglo. Opsi III yaitu dari TMII sampai dengan Fatmawati.

Risal mengatakan bahwa masing-masing usulan opsi lintas tersebut memiliki potensi dan kendalanya masing-masing. Kendati demikian, menurut dia, Kemenhub telah melakukan kajian awal untuk menyepakati opsi lintas yang akan ditawarkan kepada Korea Selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement