Heboh Etilen Glikol, Farmasi Biasa Campurkan Obat dengan Bahan Lain

Tia Dwitiani Komalasari
19 Oktober 2022, 18:52
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit
123rf.com
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit

Seiring kasus ginjal akut pada anak, pemerintah mulai mewaspadai penggunaan kandungan etilen glikol sebagai bahan campuran obat. Kementerian Kesehatan baru saja memerintahkan fasilitas layanan kesehatan, tenaga kesehatan, hingga apotek untuk menghentikan pemberian obat sirup yang diduga mengandung etilen glikol untuk sementara.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Farmasi, F. Tirto koesnadi, menjelaskan produsen farmasi memang biasa mencampurkan obat dengan bahan lain, bukan hanya untuk parasetamol. "Memang semua perusahaan di Indonesia yang membuat parasetamol pasti dicampur dengan produk lain," kepada Katadata.co.id, Rabu (19/10).

Salah satunya menggunakan etilen glikol. "Gunanya agar bahan baku obat tersebut tidak terpecah," ujarnya. 

Sementara itu Ketua Komite Perdagangan dan Industri Bahan Baku Farmasi Gabungan Pengusaha Farmasi, Vincent Harijanto, mengatakan bahwa pihaknya akan membicarakan terlebih dahulu mengenai masalah ini dengan asosiasinya.

"Penjelasan dari Kemenkes kan baru hari ini, kami akan bicarakan terlebih dahulu," ujarnya.

Baik Tirto maupun Vincent menolak untuk membicarakan lebih lanjut mengenai asal impor bahan baku farmasi Indonesia. "Bukannya tidak mau memberikan informasi, namun kami ingin bicarakan terlebih dahulu (dengan asoasiasi)," ujarnya.

Kementerian Kesehatan tengah menyelidiki penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak. Mereka juga melarang penggunaan produk obat berbentuk sirop yang bisa tercemar etilen glikol.

Hasil pengujian Kemenkes menyatakan sebanyak 15 dari 18 obat sirop yang dikonsumsi pasien mengandung etilen glikol. Saat ini Kemenkes telah menyetop sementara penjualan obat sirup.

"Bukan paracetamol yang tidak boleh, tapi beberapa obat tersebut mengandung EG (etilen glikol) dan sedang diidentifikasi lagi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Jakarta, Rabu (19/10).

Indonesia impor Etilena glikol dari India

Berdasarkan penelusuran Katadata, Indonesia mengimpor etilen glikol dari India. Produk ini masuk dalam HS 290531, yakni alcohol, acyclics, diols dan etilena glikol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...