Kona Bay Targetkan Kuasai 70% Pasar Indukan Udang di Indonesia

Nadya Zahira
20 Oktober 2022, 17:00
Babinsa TNI mengumpulkan udang Vaname kualitas ekspor saat dilakukan panen serentak 87 tambak rumahan binaan TNI di Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (18/7/2020).
ANTARA FOTO/Rahmad/hp.
Babinsa TNI mengumpulkan udang Vaname kualitas ekspor saat dilakukan panen serentak 87 tambak rumahan binaan TNI di Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (18/7/2020).

PT Kona Bay Indonesia (KBI) menargetkan untuk meningkatkan pangsa pasar indukan udang domestik dari dari 60% ke 70%. Untuk mendukung target tersebut, perusahaan telah meresmikan Pusat Pembesaran Udang Vaname (broadstock multiplication center) bekerja sama dengan PT Suri Tani Pemuka dan Hendrix Genetics.

"Kita mau meningkatkan pangsa pasar domestik di Indonesia dari 60% ke 70% targetnya. Jadi meningkatkan share market di Indonesia dulu," ujar General Manager PT Kona Bay Indonesia, Ari Setiardhi, dalam acara Peresmian Pusat Pembesaran Induk Udang PT Kona Bay, Bali, pada Kamis (20/10).

Advertisement

Ari mengatakan bahwa pihanya akan fokus untuk memasarkan produknya di Indonesia. Adapun ekspor dilakukan jika ada kelebihan produksi dan permintaan khusus bibit dari Indonesia.

"Kalau ada ekspor itu, hanya ada jika kebutuhannya memang lebih dan mereka meminta dari Indonesia, tapi kadang mereka minta langsung dari Hawai, karena pasokan ke pasar indonesia masih 60% juga sharenya," ujar Ari.

Ari mengatakan, untuk target pasarnya merupakan hatchery atau perusahaan penetasan udang. Saat ini , permintaan pasar untuk indukan udang di Indonesia sebesar 120 ribu ekor per tahun.

"Kami berharap para pengusaha hacthery di Indonesia dapat memperoleh kualitas indukan udang terbaik," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah menargetkan produksi sebanyak 80.000 indukan udang per tahun di pusat pembesaran udang di Tejakula, Buleleng, Bali.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement