Nasdem, Demokrat, PKS Blak-blakan Bahas Koalisi, Siapa Cawapresnya?

Tia Dwitiani Komalasari
23 Oktober 2022, 16:01
Diskusi Kedai Kopi
Tangakapan layar Youtube SurveiKedaiKOPI

Partai Nasdem menyatakan bahwa koalisi dengan Partai Demokrat dan PKs sudah mencapai 80%. Ketiga partai tersebut sudah intens berkomunikasi sejak lama, termasuk pembahasan mengenai calon presiden dan wakil presiden.

Wakil Sekjen Partai Nasdem, Harmawi Taslim, mengatakan bahwa partainya sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Partainya juga telah melakukan komunikasi dengan intens dengan PKS dan Demokrat.

"Kita komunikasi dengan semua partai, khususnya PKS dan Demokrat. Kalau boleh dikatakan, koalisi kita sudah 80%," ujar Taslim dalam agenda diskusi "Ngopi dari Sebrang Istana: Utak-atik Tiket Capres" di Jakarta, Minggu (23/10).

Dia mengatakan, Nasdem memang masih terbuka dengan partai lain. "Tapi tiga partai ini, satu hati yang sudah ketemu. Tinggal soal waktu," ujarnya.

Komunikasi sudah berlangsung lama

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan bahwa komunikasi dengan NasDem dan Demokrat sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu.

"Ada tim khusus yang hampir tiap minggu membahas setiap hal. Sudah panjang perjalanannya, karena Demokrat maunya kita bahas tuntas. Kita bahas platformnya seperti apa, desain pemerintaannya seperti apa," ujarnya.

Herzaky mengatakan, tiga partai juga sudah membicarakan strategi kemenangan. Sementara untuk pembicaraan capres dan cawapres, dia mengatakan bahwa ada keinginan dari internal partai untuk mengajukan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...