Harga Minyak Melonjak 3% Didorong Rekor Ekspor AS

Tia Dwitiani Komalasari
27 Oktober 2022, 06:21
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

 

Harga minyak melonjak hampir tiga persen pada akhir perdagangan Rabu (26/10) didorong oleh pelemahan dolar AS. Kenaikan harga minyak juga disebabkan karena rekor ekspor minyak mentah AS dan karena penyulingan negara itu beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya untuk sepanjang tahun ini.
 
Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik US$ 2,59 atau 3% persen, menjadi US$ 87,91 per barel di New York Mercantile Exchange.


Sementara harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember naik US$ 2,17 dolar AS atau 2,3 ​​persen, menjadi US$ 95,69 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Pelemahan dolar AS berdampak besar pada kenaikan harga minyak. Pasalnya, penguatan dolar AS yang terjadi akhir-akhir ini telah menjadi faktor penting yang menghambat kenaikan pasar minyak.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 1,13 persen menjadi 109,7010 pada akhir perdagangan Rabu (26/10/2022), menyusul penurunan 0,9 persen di sesi sebelumnya. Secara historis, harga minyak berbanding terbalik dengan harga dolar AS.

"Secara keseluruhan ini adalah langkah dalam mata uang dolar, dan jika Anda berpikir ada faktor lain di luar itu, itu bodoh," kata Eli Tesfaye, ahli strategi pasar senior di RJO Futures, seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (27/10).

Ekspor minyak AS cetak rekor

Badan Informasi Energi AS (EIA) melaporkan Rabu (26/10) bahwa persediaan minyak mentah komersial negara itu naik 2,6 juta barel selama pekan yang berakhir 21 Oktober. Angka tersebut lebih besar dari yang diperkirakan, tetapi itu lebih rendah dari data industri yang menunjukkan peningkatan 4,5 juta barel.

Sementara itu, ekspor minyak mentah AS naik menjadi 5,1 juta barel per hari. Angka terbesar mencetak rekor terbesar dalam sejarah AS. Impor minyak mentah AS juga berada di level terendah dalam sejarah.

"Secara keseluruhan, berkat pasar ekspor, ini berubah menjadi laporan bullish meskipun ada peningkatan persediaan minyak mentah komersial berukuran sedang," kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...