Airbus Produksi 150 Helikopter dan 60 Pesawat Militer Indonesia

Nadya Zahira
1 November 2022, 18:50
Dari kiri ke kanan: Head of Asia-Pacific Airbus Helicopters Vincent Dubrule, Airbus Chief Representative Indonesa Dani Adriananta, dan Head of Asia-Pacific Airbus Defence and Space saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (1/11).
Nadya Zahira/Katadata
Dari kiri ke kanan: Head of Asia-Pacific Airbus Helicopters Vincent Dubrule, Airbus Chief Representative Indonesa Dani Adriananta, dan Head of Asia-Pacific Airbus Defence and Space saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (1/11).

Perusahaan dirgantara Airbus menegaskan kembali komitmen mereka atas kehadirannya yang kuat di Indonesia. Hal ini dikarenakan Airbus melihat bisnisnya di sektor militer dan luar angkasa memiliki potensi pertumbuhan yang sangat baik di negara ini.

Airbus Chief Representative of Indonesia, Dani Adriananta, menyampaikan fakta bahwa Indonesia bisa menjadi pasar besar. Menurut dia, Airbus telah tumbuh dan menjadi produsen pilihan untuk pesawat komersial, produk industri pertahanan, dan helikopter. 

“Di luar sektor pesawat komersial, Airbus juga telah mencatat kesuksesan di pasar helikopter dan pertahanan Indonesia, dengan 150 helikopter dan 60 pesawat transportasi militer yang beroperasi,” ujar Dani dalam acara Airbus Media Roundtable Pre-Indonesia Expo and Forum 2022, di Jakarta, Selasa (1/11).

Dani mengatakan helikopter Airbus dapat melayani berbagai misi termasuk transportasi, utilitas, pencarian, dan penyelamatan, layanan medis darurat, serta operasi kemanusiaan. “Saat ini Indonesia mengoperasikan armada pesawat angkut multiperan C295 yang populer dan dirakit secara lokal,” ujar Dani.

Dani mengatakan bahwa Indonesia juga telah memesan dua pesawat Airbus A400M dalam konfigurasi multi peran tanker dan angkut. Selain itu, terdapat juga empat aramda pesawat lainnya yang telah dipesan.

Airbus pimpin pasar helikopter Indonesia

Menurut Dani, Airbus saat ini merupakan pemimpin di pasar helikopter Indonesia. Saat ini, armada Airbus mencakup sepertiga dari total helikopter aktif di Indonesia. Helikopter buatan Airbus tersebut termasuk H225M memiliki multi peran seperti misi pencarian dan penyelamatan, serta pengiriman bantuan ketika terjadi bencana di Indonesia.

 Dani memprediksi bahwa selanjutnya permintaan helikopter militer akan didorong oleh modernisasi armada untuk kebutuhan pelatihan, misi pencarian dan penyelamatan, dan keamanan maritim. Sementara itu, layanan evakuasi medis dan utilitas mendorong pertumbuhan helikopter di sektor para publik.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...