Foxconn Mulai Bangun Pabrik Bus Listrik di Batang pada Awal 2023

Foxconn juga tertarik untuk investasi penerapan teknologi di IKN Nusantara.
Nadya Zahira
17 November 2022, 13:40
Chairman of Hon Hai Technology Group (Foxconn) Young Liu menyampaikan paparannya dalam Sesi Pleno VII B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Chairman of Hon Hai Technology Group (Foxconn) Young Liu menyampaikan paparannya dalam Sesi Pleno VII B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).

Foxconn akan secara resmi membangun pabrik kendaraan listrik terutama bus listrik di Kaawasan Industri Batang, Jawa Tengah pada awal 2023. Selain itu, Foxconn juga akan berinvestasi untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Mereka akan mulai melakukan groundbreaking di awal tahun depan. Mereka akan masuk di ekosistem mobilnya terutama bus, dan mereka akan melakukan investasi di ekosistem baterai mobilnya" ujar Bahlil di Sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, di Dua Nusa, Bali, malam Rabu (16/11). 

Dia mengatakan, pembanguan pabrik di Batang ini merupakan jawaban dari negosiasi panjang antara pemerintah Indonesia dengan Foxcon. Bahlil mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Chairman Foxconn, Young Liu, di sela perhelatan B20 Summit Indonesia.

"Selama kurang lebih 2,5 jam. Dia menyanpaikan niatnya yang sangat serius, dan dia (Young Liu) tidak tahan lagi untuk mengimplementasikan investasinya," kata Bahlil. 

Advertisement

Dia mengatakan, Liu memiliki pandangan yang berbeda terhadap Indonesia dibandingkan 20 tahun silam. Dulu, Liu juga pernah mengunjungi Indonesia untuk menjajaki investasi di Indonesia. Namun demikian, hal itu tidak dapat dilaksanakan lantaran ada beberapa persoalan yang tidak terselesaikan. 

 "Sekarang kita mampu menyelesaikan seperti, lahan, insentif, kemudian perizinan, dan juga fasilitas lain yang dibutuhkan selama memenuhi unsur aturan," ujar Bahlil. 

 Investasi IKN

Sementara itu, Bahlil mengatakan, Foxconn juga akan melakukan investasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara. Saat ini, pihaknya tengah melakukan kajian mengenai pengajuan investasi tersebut/

Dia mengatakan, Foxconn akan membangun investasi IKN di bidang teknologi.  Seperti diketahui, IKN Nusantara dibangun degan konsep smart city yang menggunkan teknologi terbaru.

"Foxcon punya keinginan dan sudah menyampaikan langsung kepada Bapak Presiden ya, ketertarikan Foxcon untuk masuk dalam investasi di IKN," ujarnya.

 Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memang merupakan salah satu Proyek Prioritas Strategis yang mendapat penekanan utama (Highlight Major Project). Hal tersebut ditetapkan dalam Perpres No. 115 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022, yang merupakan acuan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan.

Dalam dokumen RKP Tahun 2022, pemerintah mengalokasikan dana untuk pembangunan IKN sebesar Rp965,45 miliar. Bukan hanya untuk infrastruktur, dana tersebut juga ditujukan untuk mendukung berbagai subproyek lain, termasuk rehabilitasi hutan serta pemulihan ekosistem.

 

 

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait