Foxconn Mulai Bangun Pabrik Bus Listrik di Batang pada Awal 2023

Nadya Zahira
17 November 2022, 13:40
Chairman of Hon Hai Technology Group (Foxconn) Young Liu menyampaikan paparannya dalam Sesi Pleno VII B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Chairman of Hon Hai Technology Group (Foxconn) Young Liu menyampaikan paparannya dalam Sesi Pleno VII B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).

Foxconn akan secara resmi membangun pabrik kendaraan listrik terutama bus listrik di Kaawasan Industri Batang, Jawa Tengah pada awal 2023. Selain itu, Foxconn juga akan berinvestasi untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Mereka akan mulai melakukan groundbreaking di awal tahun depan. Mereka akan masuk di ekosistem mobilnya terutama bus, dan mereka akan melakukan investasi di ekosistem baterai mobilnya" ujar Bahlil di Sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, di Dua Nusa, Bali, malam Rabu (16/11). 

Advertisement

Dia mengatakan, pembanguan pabrik di Batang ini merupakan jawaban dari negosiasi panjang antara pemerintah Indonesia dengan Foxcon. Bahlil mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Chairman Foxconn, Young Liu, di sela perhelatan B20 Summit Indonesia.

"Selama kurang lebih 2,5 jam. Dia menyanpaikan niatnya yang sangat serius, dan dia (Young Liu) tidak tahan lagi untuk mengimplementasikan investasinya," kata Bahlil. 

Dia mengatakan, Liu memiliki pandangan yang berbeda terhadap Indonesia dibandingkan 20 tahun silam. Dulu, Liu juga pernah mengunjungi Indonesia untuk menjajaki investasi di Indonesia. Namun demikian, hal itu tidak dapat dilaksanakan lantaran ada beberapa persoalan yang tidak terselesaikan. 

 "Sekarang kita mampu menyelesaikan seperti, lahan, insentif, kemudian perizinan, dan juga fasilitas lain yang dibutuhkan selama memenuhi unsur aturan," ujar Bahlil. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement