Jalan Cianjur-Cipanas yang Terkena Longsor Bisa Dilalui Lagi Siang Ini

Nadya Zahira
22 November 2022, 09:19
Pekerja dengan bantuan alat berat menyingkirkan material longsor yang menutupi akses Jalan Raya Puncak-Cianjur, di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Pekerja dengan bantuan alat berat menyingkirkan material longsor yang menutupi akses Jalan Raya Puncak-Cianjur, di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melakukan penanganan pada ruas jalan Cipanas-Cianjur yang tertutup longsor akibat gempa bumi, Senin (22/11). Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa ruas jalan tersebut bisa terbuka kembali siang ini, Selasa (22/11). 

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Basuki langsung meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Basuki beserta rombongan tiba di lokasi pada Senin (21/11/2022) pukul 21.45 WIB. Gempa susulan masih terjadi pada pukul 21.30 WIB.

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR melakukan penanganan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas - Cianjur.

"Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11).

Dia mengatakan, pembersihan longsoran pada badan jalan ditargetkan bisa selesai siang ini, Selasa (22/11). Dengan demikian, jalan sudah bisa dilalui kembali.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, mengatakan bahwa ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa ditembus pagi ini jam 08.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...