Minyak Makan Merah Mulai Diedarkan Januari 2023

Nadya Zahira
22 November 2022, 17:41
Pekerja memanen tandan buah segar kelapa sawit di kebun milik salah satu perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.
Pekerja memanen tandan buah segar kelapa sawit di kebun milik salah satu perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021).

Pemerintah saat ini tengah membangun pabrik minyak makan merah berbasis koperasi di lima provinsi. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan bahwa minyak makan merah tersebut akan mulai diedarkan ke konsumen pada Januari 2023.

Teten mengatakan bahwa pabrik minyak makan merah ditargetkan bisa rampung dan mulai produsi pada Januari 2023.  Produk tersebut akan langsng didistribusikan ke konsumen di sekitar pabrik tersebut.

"Minyak makan merah sudah bisa diedarkan, karena kita sudah memiliki izin edarnya sekaligus," kata Teten di Jakarta, Selasa (22/11).

Minyak makan merah lebih murah

Pabrik minyak makan merah akan didirikan di lima provinsi, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Hasil produksi dari pabrik minyak makan merah tersebut diharapkan bisa lebih murah dan efisien dari sisi biaya logistiknya, karena pabrik terintegrasi dekat suplai Tandan Buah Segar atau TBS sawit.

 Dalam pembuatan minyak makan merah, koperasi yang bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara atau PTPN melakukan titip olah untuk mengubah TBS sawit menjadi minyak sawit mentah atau CPO. Setelah itu, CPO akan disalurkan melalui pipa ke pabrik minyak makan merah yang dimiliki oleh koperasi untuk diolah menjadi minyak makan merah tersebut.

 Sebelumnya, Teten memperkirakan harga minyak makan merah jauh lebih murah dibandingkan minyak goreng pada umumnya. Produksi minyak makan merah ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di sekitar perkebunan sawit.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...