Mendag Lepas Ekspor Sarden Banyuwangi ke Australia Senilai Rp 14 M

Nadya Zahira
23 November 2022, 11:33
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, melepas ekspor perdana ikan sarden kaleng produksi CV Pasific di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (22/11).
Humas Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, melepas ekspor perdana ikan sarden kaleng produksi CV Pasific di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (22/11).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor perdana produk ikan sarden kaleng produksi CV Pasific Harvest ke Australia senilai US$ 902 ribu atau sekitar Rp 14 miliar. Pelepasan ekspor ini dilakukan di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa (22/11). 

 Pelepasan ekspor produk ikan sarden ini merupakan tahap pertama dari total kontrak ekspor perusahaan tersebut ke Australia senilai US$ 2,7 juta, atau setara Rp 42,4 miliar hingga akhir 2022. 

“Perusahaan ini sangat strategis karena menyerap hasil laut lalu diolah untuk kepentingan dalam negeri dan tujuan ekspor,” ujar Zulkifli dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (23/11). 

Zulkifli berharap agar pelaku usaha bisa terus memperluas pasar tujuan ekspor Indonesia dengan memanfaatkan hubungan perdagangan serta perjanjian perdagangan Indonesia dengan negara-negara mitra. Pasar-pasar yang potensial untuk dijajaki antara lain kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan.

 Export Manager CV Pasific Harves,t Anang Kurniawan, mengapresiasi upaya Kemendag dalam mempromosikan produk boga bahari Indonesia melalui kantor-kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC). Ia mengatakan, produk boga bahari seperti sarden dan ikan tuna berpotensi untuk terus dikembangkan untuk pasar Australia dan Selandia Baru.

"Hal yang perlu dibenahi bersama adalah segi bahan bakunya. Kami juga berharap ada kemudahan fasilitas pengurusan impor kemasan kaleng dan stabilitas harga bahan baku,” kata Anang.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...