Lokasi Gempa Cianjur Macet, Warga Diimbau Salurkan Bantuan Lewat Posko

Tia Dwitiani Komalasari
26 November 2022, 17:54
Kendaraan terjebak kemacetan menuju lokasi bencana di Jalan Raya Cianjur-Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Dinas Perhubungan mengatakan kemacetan tersebut diakibatkan penumpukan kendaraan pengangkut bantuan yang menuju lokasi benc
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Kendaraan terjebak kemacetan menuju lokasi bencana di Jalan Raya Cianjur-Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Dinas Perhubungan mengatakan kemacetan tersebut diakibatkan penumpukan kendaraan pengangkut bantuan yang menuju lokasi bencana.

Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengimbau para donatur gempa Cianjur tidak menyalurkan sumbangan secara langsung ke lokasi terdampak. Hal itu guna menghindari kepadatan lalu lintas.

"Harapan kami, bantuan tidak disalurkan langsung, karena turut memicu kemacetan, lebih baik melalui posko yang berada di kompleks pemda," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto, dikutip dari Antara (26/11).

Ia mengatakan antusiasme pemberi bantuan menuju sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di wilayah setempat yang cukup tinggi turut mempengaruhi kepadatan lalu lintas pada beberapa ruas jalan di Cianjur.

"Kemacetan lalu lintas kendaraan juga disebabkan aktivitas atau volume kendaraan melebihi kapasitas jalan yang tersedia," katanya.

Lokasi gempa macet

Arus lalu lintas kendaraan di Cianjur, terutama di Jalan Siliwangi dan Jalan Siti Jenab terjadi kepadatan pada beberapa hari terakhir setelah gempa. Kepadatan tersebut karena ada aktivitas gudang logistik dan posko di kompleks pemda.

Selain itu, kepadatan juga tampak di Jalan Abdullah Bin Nuh, dan Jalan Nasional ke arah titik bencana di Cugeunang. Di antara kepadatan lalin, tampak lalu lalang mobil ambulans serta truk ekspedisi pengangkut bantuan bencana gempa bumi.

Titik lain kepadatan juga terjadi di Jalan Kabupaten, Jalan Nagrak ke arah Desa Benjot, Jalan Rancagoong ke Warung Jengkol, dan Jalan ke Jambu Dipa. Rata-rata kepadatan lalu lintas mencapai 3 kilometer.

Ia menambahkan, kepadatan lalu lintas juga dipengaruhi oleh keberadaan kendaraaan relawan yang parkir di bahu jalan. Karena itu, kata dia, diharapkan donatur menyalurkan bantuan melalui rekening bagi korban gempa bumi Bank Bank Jabar Banten dengan nomor 0263-0000-0000-0.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...