Pipa PLTA Bungbulang Bocor Tak Ganggu Pasokan Listrik, Kerugian Rp 2 M

Tia Dwitiani Komalasari
30 November 2022, 08:57
Teknisi melakukan pemeliharaan periodik mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH) Pengga di Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah, NTB, Senin (13/6/2022).
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.
Teknisi melakukan pemeliharaan periodik mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH) Pengga di Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah, NTB, Senin (13/6/2022).

Pipa air jebol terjadi di salah satu pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH)  Cirompang di Kampung Rancateureup, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin sekitar pukul 14.20 WIB. PLN UP3 Garut menyampaikan adanya kebocoran pipa air pada PLTMH Cirompang dipastikan tidak mengganggu pasokan listrik ke masyarakat, khususnya di Garut.

"Untuk dampak ini tidak sampai membuat pelanggan padam. Aliran listrik tidak terdampak, suplai listrik tetap lancar ke masyarakat," kata Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Garut, Said Haryadi, saat dihubungi wartawan di Garut, Selasa (30/11) seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

Ia menjelaskan alasan tidak terganggunya aliran listrik ke masyarakat karena pasokan dari pembangkit listrik itu sifatnya paralel. Dengan demikian, aliran listrik masih bisa disuplai dari sumber pembangkit listrik lainnya.

"Karena pembangkit ini sifatnya sinkron atau paralel dengan jaringan PLN 20Kv dari GI," katanya.

Sebelumnya, peristiwa kebocoran pipa mengakibatkan semburan air kemudian merusak Power House PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitaran pipa, meski begitu kondisi masyarakat sekitar dipastikan aman dari peristiwa tersebut.

Personel kepolisian sudah diterjunkan untuk mengecek kebocoran pipa PLTMH Cirompang yang terjadi di wilayah tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement