Harga Beras di Pasar Cipinang Meroket, Diprediksi Makin Naik Desember

Nadya Zahira
30 November 2022, 16:32
Sejumlah calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022). +
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Sejumlah calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Harga beras di pasar Induk Beras Cipinang melonjak hingga mencapai Rp 9.200 per kilogram. Harga beras yang tinggi tersebut diperkirakan akan naik pada Desember menjelang liburan natal dan tahun baru.

Zulkifli mengatakan bahwa tren harga beras naik sudah berlangsung sejak Agustus hingga saat ini. Pada Agustus, harga beras medium hanya berkisar Rp 8.300 per kg dan tertinggi pun hanya mencapai Rp 8.400 per kg.

Advertisement

"Kondisi saat ini sangat mengejutkan dan tidak pernah terjadi sebelumnya karena harga beras medium sangat tinggi hingga mencapai Rp 9.200 per kg. Ini sudah mendekati Harga Eceran Tertinggi pemerintah," ujarujar Kepala Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang Zulkifli Rasyid, dalam acara webinar PATAKA, "Polemik Menimbang Impor Beras, Ditengah Klaim Surplus"dikutip Rabu (30/11).

Zulkifli mengatakan, harga beras medium yang tingi disebabkan karena pasokan beras dari daerah-daerah sudah surut. Saat ini, satu-satunya pihak yang suplai beras ke Pasar Induk Cipinang hanya dari Bulog. Jumlah suplai itu pun tidak mencukupi.

Dia mengatakan, pedagang mempertanyakan kebijakan yang akan dilakukan pemerintah untuk mengatasi suplai beras tersebut. Pasalnya, Pasar Induk Beras Cipinang ini merupakan barometer untuk seluruh Indonesia. 

"Seandainya pasar Induk Cipinang ini kelihatan di lini semua stok beras kurang, otomatis akan mempengaruhi setiap pasar-pasar yang lain," ujarnya.

 Zulkifli menegaskan kepada pemerintah bahwa pada kondisi stok beras yang sangat menipis seperti saat ini, sudah memberikan warning yang sangat jelas. Menurutnya, pemerintah lalai dan abai dalam menangani permasalahan ini. Oleh sebab itu, dia menghimbau kepada pemerintah untuk segera melakukan impor beras.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement