Pemerintah Kucurkan Rp 140 M Ikuti Pameran Industri Terbesar Dunia

Nadya Zahira
6 Desember 2022, 18:05
Konpers Hannover Messe 2023
Katadata

Indonesia resmi menjadi Partner Country Hannover Messe 2023 yang akan diselenggarakan pada 17-21 April 2023. Pemerintah menyiapkan anggaran hingga Rp 140 miliar untuk mengikuti pameran industri terbesar dunia tersebut.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto, mengatakan anggaran tersebut sudah disetujui oleh DPR.

"Anggaran ini nantinya akan digunakan untuk official product, mulai dari penyiapan pavilion, jad kami akan membiayai boot, sehingga exhibitor hanya tinggal datang. Kemudian anggaran ini dilaksanakan untuk summit dan keperluan logistik," ujar Eko dalam konferensi pers Hannover Messe 2023 Indonesia Partner Country di Gedung Kementerian Perindustrian, Selasa (6/12).

Targetkan investasi Rp 14 triliun

 Eko mengatakan, Indonesia akan  menampilkan perkembangan dan potensi sektor industri di Indonesia melalui implementasi Industri 4.0. Pemerintah menargetkan mendapatkan kontrak komitmen sebanyak 100 kali lipat dari anggaran atau sebesar Rp 14 triliun dari event tersebut.

"Jadi sejak tahun ini kita melakukan roadshow ke beberapa event untuk menjaring ke beberapa investor, sehingga mereka akan melihat bagaimana potensi yang dimiliki oleh indonesia," ujar Eko.

Pada Hannover Messe 2023, Indonesia akan menempati lahan seluas 3.200 persegi. Pemerintah juga akan mempromosikan  Ibu Kota Nusantara atau IKN untuk memperluas investor luar agar berinvestasi di proyek IKN. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...