Mendag Berikan Izin Impor Beras 500.000 Ton pada Bulog

Nadya Zahira
7 Desember 2022, 12:55
Pekerja memindahkan karung beras di Gudang Bulog Divre Sumatera Barat, di Padang, Kamis (24/11/2022).
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Pekerja memindahkan karung beras di Gudang Bulog Divre Sumatera Barat, di Padang, Kamis (24/11/2022).

Kementerian Perdagangan menyatakan sudah memberikan izin pada Perusahaan Umum Badan urusan Logistik atau Perum Bulog untuk impor 500 ribu ton beras tahun ini. Impor beras tersebut sebagai upaya mengamankan cadangan beras pemerintah yang berada di bawah batas normal sebesar 1,2 juta ton.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa dirinya sudah menandatangani surat perintah dari Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Bulog terkait perizinan impor beras tersebut.

Advertisement

"Maka saya sudah beri izin untuk impor untuk datangkan beras sebanyak 500 ribu ton kapanpun diperlukan, sekarang sudah dipesan," ujar Zulkifli kepada awak media, di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (7/11).

Namun demikian, Zulkifli belum bisa memastikan kapan beras impor tersebut akan masuk ke Indonesia. Dia mengatakan, hal itu diserahkan kepada Bulog dan Badan Pangan Nasional.

"Apakah beras impor sudah masuk atau belum? Tergantung pada keadaan stok diperlukan atau tidaknya itu yang mengurus Bulog, tapi saya sudah taken," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, sebelumnya dia tidak menyetujui impor beras karena berdasarkan data Kementerian Pertanian stoknya surplus. Namun demikian, hasil rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa stok beras di Bulog sangat menipis.
Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan akhirnya menyetujui adanya impor beras tersebut demi memenuhi stok hingga akhir tahun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement