Penumpang Pesawat Libur Nataru Naik 52%, Kemenhub Dorong Promo Tiket

Tia Dwitiani Komalasari
7 Desember 2022, 17:53
Pesawat udara lepas landas di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022).
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Pesawat udara lepas landas di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub memprediksi  jumlah penumpang transportasi udara pada masa natal dan tahun baru 2022/2023 mencapai 3,62 juta orang. Jumlah itu meningkat 52,7% dari Nataru 2021/2022 sebesar 2,37 juta penumpang.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Kristi Endah Murni, mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong peningkatan kapasitas amgkutan udara untuk mengantisipasi permintaan yang naik. 

"Kami mendorong rekan-rekan maskapai untuk segera merealisasikan peningkatan angkutan udara, baik menambah kapasitas jumlah pesawat maupun menambah rute penerbangan," ujar Maria melalui keterangan tertulis, Rabu (7/12).

Kemenhub memastikan pengenaan tarif angkutan udara sesuai dengan regulasi. "Kami juga berharap adanya promo-promo yang diberikan oleh maskapai terutama untuk meningkatkan pariwisata," kata Kristi.

Dalam hal peningkatan kapasitas angkutan udara, Ditjen Hubud mempersiapkan beberapa hal, diantaranya :
a. Tambahan seat/kapasitas melalui tambahan penerbangan (extra flight) ataupun change bigger aircraft;
b. Penambahan kesiapan jumlah armada;
c. Penambahan kesiapan jumlah;
d. Penambahan jam operasi bandara (extend/advance);
e. Peningkatan utilisasi pesawat/jam utilisasi pesawat;
f. Meniadakan pekerjaan di sisi udara.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 402 unit pesawat yang serviceable dan siap dioperasikan. Selain itu 51 bandara pantauan yang secara perhitungan trafik akan ada peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang di masa Nataru.

Kendati tahun ini tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaran Nataru, Kristi menghimbau kepada calon pengguna jasa transportasi udara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Penumpang juga dihimbau memenuhi aturan persyaratan kesehatan yang berlaku seperti menunjukkan surat vaksin dosis ketiga dan selalu menggunakan masker selama penerbangan.

 Harga tiket pesawat domestik mengalami kenaikan signifikan sepanjang semester I 2022. Kenaikan harga ini salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga bahan bakar pesawat, yaitu avtur.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait