Lima Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah Jelang Natal dan Tahun Baru

Nadya Zahira
8 Desember 2022, 06:15
Calon penumpang melintas di selasar Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/8/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Calon penumpang melintas di selasar Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/8/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub memprediksi  jumlah penumpang transportasi udara pada masa natal dan tahun baru 2022/2023 mencapai 3,62 juta orang, naik 52,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Untuk mengantisipasi hal itu, Kemenhub mendorong maskapai penerbangan untuk menambah jumlah armadanya dan mendorong tiket promo.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Kristi Endah Murni, mengatakan  peningkatan kapasitas angkutan udara bisa dilakukan dengan menambah kapasitas jumlah pesawat maupun menambah rute penerbangan. Dia juga berharap maskapai penerbangan memberikan tiket promo.

"Kami juga berharap adanya promo-promo yang diberikan oleh maskapai terutama untuk meningkatkan pariwisata," kata Kristi melalui keterangan tertulis, Rabu (7/12).

Harga tiket pesawat tahun ini sempat mengalami lonjakan karena kenaikan harga avtur. Berikut kenaikan harga bahan bakar minyak khusus pesawat tersebut pada Semester I 2022.

Cara dapatkan tiket pesawat murah

Tak sedikit calon penumpang yang berburu tiket promo pesawat untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya berlibur, banyak pula masyarakat yang ingin pergi ke kampung halaman untuk merayakan libur natal dan tahun baru bersama sanak saudara.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan tiket pesawat murah menjelang natal dan tahun baru? Mengutip dari US News Money ada beberapa tips terbaik agar kamu mendapatkan tiket pesawat murah:

1. Pilih hari penerbangan termurah

Cara terbaik untuk mendapatkan promo tiket pesawat ternyata bisa dilakukan dengan memilih hari dengan harga tiket pesawat termurah. Menurut penelitian FareCompare.com, hari untuk mendapatkan harga tiket penerbangan yang murah diantaranya yaitu setiap Selasa dan Rabu untuk perjalanan domestik. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...