Jalan Tol Sayung-Demak Dibuka Jelang Libur Nataru, Atasi Macet Pantura

Tia Dwitiani Komalasari
12 Desember 2022, 10:08
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II yang memasuki penyelesaian tahap akhir pembangunan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II yang memasuki penyelesaian tahap akhir pembangunan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022).

Jalan tol Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer akan dibuka fungsional jelang Natal dan tahun baru. Ruas yang termasuk tol Semarang-Demak seksi dua tersebut sudah melewati uji laik fungsi dan siap dilintasi kendaraan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung libur natal dan tahun baru.

Advertisement

"Kesiapan tersebut didukung dengan bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya dikutip dari keterangan terltulis di laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol. Senin (12/12).

Tol Semarang - Demak memiliki panjang 26,95 km yang dibangun dalam dua seksi. Seksi 1 yaitu ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km dibiayai oleh APBN senilai Rp 10 triliun. Proyek ruas jalan tol tersebut ditaregtkan selesai Januari 2023.

Sementara seksi dua yaitu ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km. Proyek jalan tol ini melalui skema kerja sama Badan Usaha dengan Pemerintah atau KPBU dengan PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement