Cina Gugat AS ke WTO Terkait Pembatasan Ekspor Cip Semikonduktor

Tia Dwitiani Komalasari
13 Desember 2022, 09:47
Jonathan Ernst Presiden AS Joe Biden dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo (tidak difoto) mengadakan pertemuan virtual dengan para pemimpin bisnis dan gubernur negara bagian untuk membahas masalah rantai pasokan, khususnya menangani chip semik
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/aww/sad.
Jonathan Ernst Presiden AS Joe Biden dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo (tidak difoto) mengadakan pertemuan virtual dengan para pemimpin bisnis dan gubernur negara bagian untuk membahas masalah rantai pasokan, khususnya menangani chip semikonduktor di kampus Gedung Putih di Washington, AS, Rabu (9/3/2022).

Cina mengajukan gugatan ke Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO terhadap pembatasan ekspor Cip Semikonduktor yang dilakukan Amerika Serikat.

“Cina mengambil tindakan hukum dalam kerangka WTO sebagai cara yang diperlukan untuk mengatasi keprihatinan kami dan untuk membela kepentingan sah kami,” kata pernyataan Kementerian Perdagangan Cina, yang disampaikan misi diplomatiknya di Jenewa, dikutip dari Reuters, Selasa (13/12).

Advertisement

Ia menambahkan bahwa pembatasan ekspor Cip AS mengancam stabilitas rantai pasokan industri global.

Sementara Perwakilan Dagang AS di WTO menolak untuk berkomentar ketika diminta tanggapannya.

Amerika Serikat menerbitkan serangkaian kebijakan pembatasan ekspor yang bertujuan untuk menghentikan kemajuan Cina dalam industri semikonduktor pada Oktober.

Pemerintah AS mengirim surat kepada KLA Corp, Lam Research Corp, dan Applied Material Incs untuk menghentikan pengiriman peralatan ke pabrik produsen yang memproduksi cip canggih yang sepenuhnya dimiliki oleh Cina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement