Tarif KRL Jabodetabek Akan Naik Tahun Depan, Berapa Besarannya?

Nadya Zahira
13 Desember 2022, 17:15
Penumpang turun dari KRL Commuter Line di Stasiun BNI City, Jakarta, Sabtu (30/7/2022).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Penumpang turun dari KRL Commuter Line di Stasiun BNI City, Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub sedang mengkaji ulang tarif KRL Jabodetabek. Namun demikian, Kemenhub memastikan bahwa tidak akan ada penyesuaian tarif KRL Jabodetabek sampai akhir tahun ini.

Direktur Jenderal Perkeretaapian atau DJKA Kemenhub, Risal Wasal, menghimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir mengenai penyesuaian tarif KRL. KementeKementerian Perhubungan atau Kemenhub sedang mengkaji ulang tarif KRL Jabodetabek.rian Perhubungan masih terus mengkaji ulang besaran tarif yang sesuai agar tidak memberatkan masyarakat, serta tidak terlalu membebankan anggaran Public Service Obligation atau PSO. 

 “Semoga tahun depan akan ada kabar baik mengenai tarif KRL ini,” ujar Risal yang dikutip dalam keterangan resminya, pada Selasa (13/12).

Alasan tarif KRL naik

 Risal mengatakan, peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek disebabkan karena adanya inflasi. Hal itu mengakibatkan peningkatan komponen-komponen biaya yang dibutuhkan. 

Peningkatan biaya tersebut menyebabkan subsidi PSO terus bertambah dan menjadi kontraproduktif terhadap upaya pembangunan yang masih terus berlangsung. Menurut Risal, besaran anggaran yang dialokasikan ini akan lebih produktif jika disalurkan untuk pembangunan prasarana dan peningkatan pelayanan perkeretaapian di seluruh Indonesia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...