Pengguna Tol Cipali dan Merak Bisa Pantau Macet dengan Teknologi Ini

PT Astra Tol Nusantara menyiapkan teknologi untuk memantau kepadatan lalu lintas di tiga jalan tol yaitu tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto.
Nadya Zahira
14 Desember 2022, 11:08
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).

 PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra menyiapkan teknologi untuk memantau kepadatan lalu lintas di tiga jalan tol yaitu tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto. Teknologi itu adalah aplikasi mobile info tol Astra Infra.

"Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi lalu lintas terkini di tiga ruas jalan tol tersebut," kata Group COO ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono dalam acara Media Gathering Virtual Astra Infra Group, Selasa (13/12).

Tidak hanya CCTV, aplikasi ini juga akan memberikan informasi terbaru terkiat tiga jalan tol tersebut. Astra Infra juga menyipakan petugas yang akan siaga selama libur natal dan tahun baru.

Kris mengatakan, Astra Infra telah menambah 95  Closed-Circuit Television atau CCTV menjelang nataru 2022/2023. Dengan demikian, sebanyak total 756 CCTV tersedia di jalan tol Astra Infra.

“Kami siapkan secara terintegrasi maupun secara mirroring, untuk membantu dan menangani yang mungkin nanti akan terjadi di lapangan dengan memastikan arus lalu lintas kita selama nataru berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Kris 

Titik kepadatan

Dia mengatakan, Astra memprediksi pergerakan mobilisasi nataru akan dimulai 22 Desember 2022. Peningkatan kepadataan lalu lintas juga akan terjadi jelang tahun baru. 

Kris mengatakan, beberapa titik menjadi fokus utama karena sering terjadi kepadatan. Titik tersebut adalah gerbang tol merak, Cikup, dan Serang Timur.

Menurut Kris, Astra Infra juga memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan seperti speed reducer, variable message sign (VMS), lampu strobe, WIM (weigh-in-motion), LiDAR (light detection ranging) hingga ANPRR (auto numbering plat recognition).

Kris menjelaskan, inovasi ramah lingkungan terus dilakukan oleh Astra Infra demi kenyamanan pengguna jalan juga untuk mewujudkan infrastruktur berkelanjutan. Mulai dari inovasi digitalisasi seperti penerapan Digital Struk yang sudah tersedia bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto, inovasi solar cell yang memanfaatkan energi baru terbarukan hingga rejuvinasi di sejumlah rest area.

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol guna mendukung arus lalu lintas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Kementerian PUPR menyiapkan 2 ruas jalan tol beroperasi dan 8 jalan fungsional.

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait