Pengguna Tol Cipali dan Merak Bisa Pantau Macet dengan Teknologi Ini

Nadya Zahira
14 Desember 2022, 11:08
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).

 PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra menyiapkan teknologi untuk memantau kepadatan lalu lintas di tiga jalan tol yaitu tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto. Teknologi itu adalah aplikasi mobile info tol Astra Infra.

"Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi lalu lintas terkini di tiga ruas jalan tol tersebut," kata Group COO ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono dalam acara Media Gathering Virtual Astra Infra Group, Selasa (13/12).

Tidak hanya CCTV, aplikasi ini juga akan memberikan informasi terbaru terkiat tiga jalan tol tersebut. Astra Infra juga menyipakan petugas yang akan siaga selama libur natal dan tahun baru.

Kris mengatakan, Astra Infra telah menambah 95  Closed-Circuit Television atau CCTV menjelang nataru 2022/2023. Dengan demikian, sebanyak total 756 CCTV tersedia di jalan tol Astra Infra.

“Kami siapkan secara terintegrasi maupun secara mirroring, untuk membantu dan menangani yang mungkin nanti akan terjadi di lapangan dengan memastikan arus lalu lintas kita selama nataru berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Kris 

Titik kepadatan

Dia mengatakan, Astra memprediksi pergerakan mobilisasi nataru akan dimulai 22 Desember 2022. Peningkatan kepadataan lalu lintas juga akan terjadi jelang tahun baru. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...