Hasil Survei: Kepercayaan Masyarakat pada Polri Anjlok, DPR Terendah

Ade Rosman
22 Desember 2022, 20:56
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo (kanan) berpelukan dengan istrinya yang juga terdakwa Putri Candrawathi (kiri) saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Sidang tersebut beragendakan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo (kanan) berpelukan dengan istrinya yang juga terdakwa Putri Candrawathi (kiri) saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan kesaksian tiga orang saksi yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Hasil survei nasional yang dirilis oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri turun drastis pada Juni Hingga September 2022 lalu.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, mengatakan hasil tersebut tidak mengherankan. Apalagi Polri sedang disorot masyarakat luas setelah beberapa kasus besar yang menjerat pejabat tingginya, seperti kasus pembunuhan ajudan pribadi yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, dan kasus narkoba yang melibatkan mantan Kapolda Sumatera Barat, Teddy Minahasa.

"Kita tahu kasus Sambo ini kan bukan hanya sekadar tentang individu Sambo, tapi kemudian ada beberapa kasus lain, ada Teddy Minahasa, dan kemudian ini menjadi perbincangan. Bagaimana wajah Polri yang sesungguhnya ya, kadang-kadang di belakang layar sering diomongkan dalam konteks negatif juga, walaupun banyak juga yang positif, dan saya pikir ini cukup menampar Polri," kata pria yang akrab dipanggil Toto, dalam paparannya, Kamis (22/12).

Namun demikian, dari posisi Polri dalam survey tersebut masih berada satu tingkat di atas DPR yang menempati posisi juru kunci dalam survey tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tinggi negara.

Berikut hasil yang ditampilkan dalam surveu nasional tersebut:

1. TNI (89,2%)

2. Kepresidenan/Presiden (79,4%)

3. Mahkamah Agung (76,2%)

4. Mahkamah Konstitusi (74,6%)

5. Kejaksaan Agung (72,8%)

6. MPR (72,7%)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...