BPDPKS Biayai Pembangunan Tiga Pabrik Minyak Makan Merah Rp 51 Miliar

Nadya Zahira
23 Desember 2022, 06:00
minyak makan merah
Katadata/ Courtesy of KemenKopUKM

Pemerintah saat ini tengah membangun tiga pabrik minyak makan merah berbasis koperasi yang ditargetkan beroperasi pada Januari 2023. Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS mengungkapkan akan mendanai pembangunan tiga pabrik tersebut sebesar Rp 51 miliar. 

“Dananya dari BPDPKS kemudian koperasinya dari Kementerian Koperasi ini yang ditugasi untuk mengolah. Biayanya untuk satu pabrik itu Rp 17 miliar lah, itu perkembangan yang minyak makan merah,” ujar Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (22/12/)

Advertisement

Eddy mengatakan, pabrik minyak makan merah yang ada di Sumatera Utara tersebut saat ini dalam proses persiapan dan  dikoordinir oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM.

 Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan bahwa minyak makan merah tersebut akan mulai diedarkan ke konsumen pada Januari 2023. Teten mengatakan bahwa pabrik minyak makan merah ditargetkan bisa rampung dan mulai produksi pada Januari 2023. 

"Minyak makan merah sudah bisa diedarkan, karena kita sudah memiliki izin edarnya sekaligus," kata Teten di Jakarta, Selasa (22/11).

Pabrik minyak makan merah akan didirikan di lima provinsi, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Hasil produksi dari pabrik minyak makan merah tersebut diharapkan bisa lebih murah dan efisien dari sisi biaya logistiknya, karena pabrik terintegrasi dekat suplai Tandan Buah Segar atau TBS sawit.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement